Kisah Perjalanan Panji Gumilang, Berawal dari Tukang Beras, Kini Jadi Pimpinan Al-Zaytun

Pimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang
Sumber :
  • VIVA.co.id

Viva BandungImam Supriyanto, pendiri Yayasan Pesantren Indonesia (YPI), angkat bicara mengenai awal mula keberadaan Panji Gumilang di Pondok Pesantren Al-Zaytun Indramayu yang kini tengah menjadi sorotan.

Deretan Kontroversi Pendeta Gilbert, Singgung Konsep Zakat hingga Dituduh Selewengkan Uang Gereja

Dalam program Catatan Demokrasi tvOne yang tayang pada Selasa, 20 Juni 2023, Imam mengungkap bahwa dia merupakan pendiri Pesantren Al-Zaytun sebelum Panji Gumilang berkuasa.

Ketika mendirikan pesantren Al-Zaytun pada tahun 1994, dia dibantu oleh temannya, Haji Sarwani.

Profil Gilbert Emanuel, Pendeta yang Dikecam Gegara Singgung Zakat Umat Islam

“Saya sebagai salah satu pendiri dengan Haji Sarwani almarhum, kita ingin menampilkan kader-kader melalui pendidikan formal, jadi alumni-alumni ini bisa tampil dengan pendidikan yang kita dirikan,” ujar Imam dikutip Jumat, 23 Juni 2023.

Ketika awal didirikan, pesantren tersebut masih mengajarkan agama seperti pesantren pada umumnya. Namun semuanya berubah sejak Panji Gumilang datang.

Profil, Karir hingga Kontroversi Nasrullo Kabirov, Wasit FIFA yang Rugikan Timnas Indonesia

Imam pun mengungkap bagaimana kisahnya bertemu dengan Panji Gumilang. Pada tahun 2005 lalu, Haji Sarwani meninggal dunia, sehingga dia harus mengurus pesantren sendirian. Maka dia pun mencari pengurus lain.

“Waktu itu diangkatlah Panji Gumilang, MYR Agung Sedayu, Abu Sabit dan Abdul Halim, jadi siapa yang mengangkat dan menetapkan, ya (saya) Imam Supriyanto,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title