Musim Haji Usai, 77 Jemaah Haji Indonesia Masih Tertahan di Arab Saudi karena Jalani Perawatan di Ru

Jemaah haji
Sumber :

Viva Bandung – Kementerian Agama mengumumkan ada 77 jemaah haji yang masih berada di Arab Saudi. Hal ini disebabkan karena jemaah haji itu tengah menjalani perawatan di rumah sakit setempat.

Potensi Perbadaan Awal Ramadhan Mungkin Terjadi, Menag Imbau Umat Islam Tetap Rukun

"Sampai saat ini, masih ada jemaah kita yang berada di Arab Saudi, karena terdata sakit saat tengah melaksanakan ibadah haji," kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Terminal 3, Bandara Soetta, Tangerang.

Sebanyak puluhan jemaah yang didominasi lansia atau lanjut usia ini, dipastikan mendapatkan perawatan terbaik untuk proses penyembuhan. Dan, akan mendapatkan pengawasan, serta pemantauan dari kantor Kementerian Agama setempat. 

Waketum MUI Sebut Gagasan Kemenag Soal Nikah Semua Agama di KUA 'Bermasalah'

"Meski mereka masih di sana, tentu tetap kami pantau. Kami pastikan mereka dapat penanganan terbaik sampai nantinya diizinkan untuk pulang. Kemudian, untuk proses kepulangannya pun nanti tetap kami yang urus," ujarnya.

Sementara itu, secara keseluruhan jemaah haji Indonesia telah tiba di tanah air pada Jumat, 4 Agustus 2023, dengan data terakhir merupakan kloter 88 asal Surabaya. Yang kemudian, dilanjutkan dengan kedatangan seluruh petugas dengan total lebih dari 500 petugas baik dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Agama. 

Resmi! Arab Saudi Larang Acara Buka Puasa Bersama di Dalam Masjid

"Seluruh jemaah dan petugas telah tiba di tanah air. Dan masih tertinggal 5 orang petugas lainnya yang menyusul proses kepulangannya. Pada periode haji 1444 Hijriah atau tahun 2023 ini pun, Alhamdulillah berjalan lancar, meski memang ada beberapa catatan dalam penyelenggaraannya," ungkapnya.