Dukungan ke Uyghur Bermunculan, Organisasi HUPI dan PD IPA Medan Inisiasi Demo Skala Besar

Ratusan massa aksi di depan Kedutaan Besar China, Kuningan, Jakarta
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Bandung – Sejumlah organisasi telah menggelar demonstrasi dan aksi damai di Jakarta dan Medan pada tanggal 31 Agustus 2023 kemarin.

Indonesia vs China Berebut Juara! Simak Jadwal Final Piala Thomas dan Uber 2024 Hari Ini

Hal itu untuk menyuarakan aspirasi dan memberikan dukungan moral kepada para etnis minoritas Uyghur di Provinsi Xinjiang, China yang diduga kuat mengalami tindakan represif hingga genosida.

Untuk di Jakarta demonstrasi diinisiasi oleh Pimpinan Pusat Humanity United Project Indonesia (PP HUPI) dengan membawa 200 lebih peserta aksi. Mereka menyampaikan aspirasi di depan kantor kedutaan besar China di Kuningan Jakarta. 

Indonesia Tumbang di Final Uber Cup 2024, China Pertahankan Gelar Juara

Pada saat bersamaan, di Medan juga menggelar aksi di depan Konsulat Jenderal Tiongkok dengan membawa masa mencapai 300 orang dari golongan pelajar pemuda dan masyarakat. Aksi tersebut diinisiasi oleh Ikatan Pelajar Al Wasliyah dan Pimpinan Wilayah Humanity United Project Indonesia (PW HUPI). 

Azkan Nur, S.H selaku Koordinator Aksi di Jakarta menyampaikan, lebih dari satu juta orang ditengarai, ditahan dalam kamp konsentrasi dan telah mengalami penyiksaan, sementara itu masyarakat Uyghur terus didiskriminasi dan dipantau aktivitasnya dalam kehidupan sehari-harinya.

Mengenal Xinjiang, Destinasi Wisata Muslim di Dataran China

Ratusan masa aksi di Konsulat Jendral Tiongkok, Medan

Photo :
  • Istimewa

"Etnis minoritas benar-benar terancam masa depannya di Tiongkok daratan, mereka dimasukkan dalam Kamp konsentrasi, sementara mental dan moral masyarakat Uyghur sudah melemah karena tindakan represif dan diskriminatif dari pemerintah China," kata Azkan Nur dalam orasinya.

Halaman Selanjutnya
img_title