Ramai Pernyataan Ganjar yang Diduga Rendahkan Profesi MC dan Jurnalis, Najwa Shihab Angkat Bicara

Najwa Shihab
Sumber :

Viva Bandung – Najwa Shihab angkat bicara mengenai percakapan bakal calon presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo tentang profesi Master of Ceremony (MC) dan Jurnalis dalam program Mata Najwa on Stage Yogyakarta di Universitas Gadjah Mada (UGM) yang bertajuk '3 Bacapres Bicara Gagasan'. Warganet menganggap pernyataan Ganjar justru terlihat merendahkan profesi MC dan Jurnalis. 

Pasca Putusan MK, Gibran Ucapkan Terimkasih ke Anies dan Ganjar Soal Ini

Najwa menjelaskan bahwa konteks pembahasannya adalah tentang pentingnya dunia pendidikan yang diisi oleh orang-orang baik dan yang terbaik. Hal itu demi meningkatkan mutu pendidikan di Tanah Air, sehingga Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia semakin baik.  

"Jadi bukan soal tersinggung, biasa saja, agar tidak ke mana-mana. Pernyataan Ganjar Pranowo maksudnya rasanya tentang pentingnya institusi pendidikan mendapatkan orang-orang terbaik," ucap Najwa kepada wartawan, Kamis, 21 September 2023.

Jurnalis Amerika Serikat Puji Gol Indah Witan Sulaeman ke Gawang Yordania

Saat itu Ganjar menyarankan agar lulusan terbaik di kampus sebaiknya bekerja sebagai dosen, bukan bekerja di bidang lain dalam program tersebut. Najwa mengatakan, saat itu dirinya merespons pernyataan Ganjar karena ingin tahu yang dimaksud dari Ganjar. Hal itu karena pernyataan tersebut bisa disalahpahami oleh masyarakat.

"Saya tentu perlu merespons saat itu karena tugas jurnalis, kan, menjernihkan apa yang mungkin masih abu-abu. Makanya saya katakan bahwa profesi jurnalis itu membanggakan," katanya.  

Kabar Terbaru Epy Kusnandar, Pemain Preman Pensiun, Kini Alih Profesi

Najwa berharap masyarakat bisa memahami apa yang jadi isi pembicaraan dalam program itu serta tak berpolemik dengan adanya informasi yang tidak lengkap dan juga tak jelas konteksnya.

"Saya senang dengan antusiasme publik terhadap berbagai isi dialog kemarin, tapi juga berharap publik jangan terjebak hanya fokus ke potongan-potongan detil dan kontroversial dari percakapan. Tapi sesuai tujuan awal acara ini diadakan, bisa melihat secara utuh gagas-gagasan atau visi programatik dari tiap Bacapres," kata dia. 

Halaman Selanjutnya
img_title