Terbongkar! Wayan Mirna Tewas Bukan Karena Sianida, Begini Sebenarnya Kata Ahli Forensik

Wayan Mirna Salihin
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Bandung – Kasus kematian Wayan Mirna Salihin akibat meminum racun dalam sianida yang diberikan Jessica Wongso kembali ramai diperbincangkan publik setelah adanya sebuah film dokumenter yang ditayangkan di Netflix terkait kasus tersebut.

Profil, Karir dan Instagram Maria Zhang, Pemeran Suki di Serial Avatar: The Last Airbender

Usut punya usut, Wayan Mirna Salihin ternyata meninggal bukan akibat racun sianida. Hal itu diungkapkan oleh seorang Ahli Patologi Forensik dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), dr. Djaja Surya Atmadja.

"Saya menyimpulkan, (Mirna tewas) bukan karena sianida," kata Djaja saat hadir sebagai saksi dalam persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat pada 2016 silam, dikutip dari VIVA Group, Rabu (4/10/2023).

Profil Dallas Liu Perankan Pangeran Zuko "Avatar: The Last Airbender", Ternyata Berdarah Indonesia

Kesimpulan itu, lanjut Djaja, atas dasar karana hanya ditemukan 0,2 miligram racun sianida saja di dalam cairan lambung Mirna berdasarkan barang bukti yang dimiliki penyidik. 

Menurutnya, dengan jumlah sianida sedikit itu tidak mungkin membunuh seseorang. Sebab, seseorang yang terpapar sianida, seharusnya positif sianida pada bagian tersebut. Apalagi dalam hal ini hasil pemeriksaan negatif sianida pada urine, liur lambung, empedu, dan hati. 

Petualangan Aang Lebih Nyata, Live-Action Avatar: The Last Airbender Suguhkan Pengalaman Baru

Ahli Forensik, Djaja Surya Atmadja

Photo :
  • Istimewa

"Di lambung itu harusnya ada sianida dalam jumlah besar. Di sampel cairan lambung itu, berdasarkan laporan, positif sianida 0,2 miligram per liter. Tapi, di empedu dan hati kan tidak ada. Jadi, menurut saya, korban tidak meninggal karena keracunan sianida," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title