Kasus Jessica Wongso Kembali Mencuat, Benarkah Keracunan Sianida Buat Mulut Berbusa?

Sidang kasus kopi sianida Jessica Wongso
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Bandung - Kasus kopi sianida yang menewaskan Wayan Mirna Salihin setelah dirinya meminum kopi vietnam kembali menjadi perhatian publik. Kejadian kontroversial yang pernah terjadi di tahun 2016 ini kembali viral pasca dirilisnya sebuah film dokumenter oleh Netflix dengan judul 'Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso di bulan September kemarin. 

Aksi Zita Anjani Bagi-bagi Kopi untuk Palestina di CFD Usai Dihujat Netizen Soal Starbucks

Kembali ramainya kasus tersebut, membuat ahli forensik dr. Djaja Surya Atmadja ikut tersorot. Dia menjadi salah satu saksi ahli sianida yang dihadirkan dalam sidang dari pihak Jessica Wongso.

Dokter Djaja belum lama ini diundang dr. Richard Lee untuk berbincang mengenai kasus 7 tahun lalu itu. Salah satu yang menarik adalah terkait dengan kondisi Mirna yang sempat mengalami kejang dan mulut berbusa. Kondisi tersebut diungkap rekan Mirna, Hani.

Media Asing Soroti Aksi 'Letoy' Kiper Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23, Disebut Taktik Cerdik

"Mirna langsung bersandar ke kursi dan kepala mengadah ke atas. Setelah itu, Mirna mulai mengejang bersamaan dengan mulut yang mengeluarkan busa," kata Hani saat melakukan pra rekonstruksi 2016 lalu.

Ahli Forensik dr. Djaja Surya Atmadja dan dr. Richard Lee

Photo :
  • Viva.co.id
Media Asing Soroti Timnas Indonesia, Diprediksi Lampaui Thailand dan Vietnam

Kondisi mulut berbusa akibat sianida ini juga dikaitkan dengan adegan Detective Conan dan membuat Richard Lee penasaran. Apa benar orang yang keracunan sianida akan mengeluarkan busa dari mulutnya?

"Kalau dia masuknya langsung dalam dosis besar enggak sempet, karena efek busa terjadi karena efek kocok. Dia sesak nafas karena oksigen banyak di darah tapi jaringan kurang oksigen," jelas dr. Djaja melansir tayangan YouTube dr. Richard Lee.

Halaman Selanjutnya
img_title