Beri Fatwa 'Haram' Terhadap Produk Israel, Berikut Sejarah Berdirinya MUI

Kantor MUI Jakarta Diserang Orang Tak Dikenal
Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA Bandung - Majelis Ulama Indonesia (MUI) belakangan ini tengah menjadi sorotan terkait fatwanya yang mengharamkan segala produk yang terafiliasi dengan Israel. Fatwa tersebut dikeluarkan oleh MUI sebagai bentuk dukungan atas kemerdekaan rakyat Palestina.  Pasca fatwa tersebut viral, tidak sedikit masyarakat merasa penasaran terkait sejarah berdirinya MUI tersebut.

Profil Chandrika Chika, Selebgram Cantik yang Terjerat Kasus Narkoba

Berikut Viva Bandung paparkan sejarah MUI yang dilansir dari website resmi Majelis Ulama Indonesia. 

Sejarah MUI

Bukan Penistaan Agama, Ini Alasan TikToker Galih Loss Buat Konten Soal Taawudz

Asrorun Niam Sholeh, Ketua Fatwa MUI

Photo :
  • viva.co.id

Majelis Ulama Indonesia (MUI) resmi berdiri pada 26 Juli 1975 di Jakarta. Di tahun itu, terjadi pertemuan penting antara para ulama, zuama (pimpinan organisasi), dan cendekiawan muslim dari seluruh Tanah Air. Para ulama dari berbagai ormas islam tersebut hadir mewakili 26 provinsi di Indonesia. 

Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Penistaan Agama Terkuak, Begini Kata Polisi

Muhammadiyah, NU, Syarikat Islam, Perti, Al Washliyah, Mathla'ul Anwar, GUPPI, PTDI, DMI, dan Al Ittihadiyyah sebanyak 10 orang dari perwakilan ulama dari Dinas Rohani Islam.  Angkatan Darat, Angkatan Udara, Angkatan Laut, dan Polri sebanyak empat tokoh atau cendekiawan muslim hadir secara perorangan sebanyak 13 orang. 

Semua peserta sepakat untuk membentuk sebuah wadah perjuangan dan untuk menjadi tempat musyawarah cendekiawan muslim dari berbagai unsur ormas Islam. Maka ke semua peserta sepakat untuk mencetuskan "Piagam Berdirinya MUI" yang selanjutnya dikenal sebagai Musyawarah Nasional Ulama I. Kelahiran MUI bertepatan pada 30 tahun Indonesia merdeka. 

Halaman Selanjutnya
img_title