Surat 'Letter to America' Osama bin Laden 20 Tahun yang Lalu Kembali Viral: Dukungan untuk Palestina

Osama bin Laden
Sumber :
  • Viva.co.id

Bandung – Surat yang ditulis oleh mantan pemimpin Al QaedaOsama bin Laden pada tahun 2002 menjadi viral di media sosial pada tahun 2023, lebih dari dua dekade setelah serangan 9/11. Surat tersebut berisi kritik terhadap Amerika Serikat karena mendukung pendudukan Israel di wilayah Palestina.

Jurnalis Amerika Serikat Puji Gol Indah Witan Sulaeman ke Gawang Yordania

Surat tersebut tampaknya menarik perhatian para aktivis hak-hak rakyat Palestina di tengah Perang Hamas-Israel yang saat ini terjadi di Gaza. Video yang berisi surat tersebut "Letter to America" telah dilihat lebih dari 13,5 juta kali di TikTok.

Osama bin Laden

Photo :
  • Viva.co.id
Mengenal Miriam Adelson, Ratu Judi Terkaya yang Ternyata Berasal dari Israel

Dalam video tersebut, pengguna TikTok bernama @.yahoonews mengatakan bahwa ia ingin semua orang membaca surat tersebut. Ia mengatakan bahwa surat tersebut membuatnya mengalami krisis eksistensial.

“Saya ingin semua orang menghentikan apa yang mereka lakukan saat ini dan membaca – yang sebenarnya hanya dua halaman – bacalah ‘A Letter to America,’” katanya dalam unggahan itu, sebagaimana dilansir RT. 

Kutuk Serangan Iran ke Tel Aviv, Presiden AS Joe Biden Ancam Akan Lakukan Ini

“Dan tolong kembali ke sini dan beri tahu saya pendapat Anda karena saya merasa sedang mengalami, seperti, krisis eksistensial saat ini, dan banyak orang yang mengalaminya, jadi saya hanya perlu orang lain untuk merasakannya juga."

Pengguna TikTok lainnya juga bereaksi serupa terhadap surat tersebut, yang berusia lebih dari 20 tahun. Pengguna TikTok lainnya yang mengaku menderita “krisis eksistensial” mengatakan tentang surat tersebut. Mereka mengatakan bahwa surat tersebut mengubah cara pandang mereka terhadap dunia.

Halaman Selanjutnya
img_title