Joe Biden Dukung Kemerdekaan Palestina, Sebut Pendudukan Israel Harus Berakhir

Presiden AS Joe Biden
Sumber :
  • scmp.com

VIVA Bandung Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyerukan penyatuan Gaza dan Tepi Barat di bawah pemerintahan Palestina yang bersatu dan kuat.

Prabowo-Gibran Resmi Terpilih Sebagai Presiden 2024, Habib Bahar: Harus Terima

"Saat kita berjuang untuk perdamaian, Gaza dan Tepi Barat harus dipersatukan kembali di bawah satu struktur pemerintahan, yang pada akhirnya berada di bawah Otoritas Palestina yang direvitalisasi, ketika kita semua bekerja menuju solusi dua negara," tulis Biden di artikel opini Washington Post, dilansir Al Jazeera, Minggu, 19 November 2023.  

Presiden AS Joe Biden

Photo :
  • AP Photo/Andrew Hanik
Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo, Namun Tetap Anggap Sebagai "Pengkhianat"

"Gaza tidak boleh lagi dijadikan platform terorisme. Tidak boleh ada pemindahan paksa warga Palestina dari Gaza, tidak boleh ada pendudukan kembali, tidak boleh ada pengepungan atau blokade, dan tidak boleh ada pengurangan wilayah," sambungnya.

Biden menambahkan bahwa “setelah perang ini selesai, suara rakyat Palestina dan aspirasi mereka” harus disuarakan, dan membentuk pusat pemerintahan pasca krisis di Gaza.

Jurnalis Amerika Serikat Puji Gol Indah Witan Sulaeman ke Gawang Yordania

Biden telah memperingatkan Netanyahu bahwa pendudukan Gaza akan menjadi bencana dan bahwa solusi dua negara adalah satu-satunya jalan keluar dari konflik Israel-Palestina. 

"Saya telah menjelaskan kepada Israel bahwa saya pikir adalah kesalahan besar bagi mereka untuk berpikir bahwa mereka akan menduduki Gaza dan mempertahankan Gaza," kata Biden pada konferensi pers di San Francisco. "Menurutku itu tidak berhasil." 

Halaman Selanjutnya
img_title