Kiai Bojonegoro Tolak Fatwa MUI Soal Produk Israel: Itu Bukan Perang Agama

Ketua FKUB Bojonegoro, KH. Dr. Tamam Syaifuddin
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Bandung - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menyampaikan sikap keberatan dan penolakan atas anjuran 'boikot' produk terafiliasi Israel. Dirinya menolak keras fatwa yang telah dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Menurut pandangan FKUB, langkah yang diambil MUI dapat merugikan bangsa khususnya perekonomian. 

Rizky Febian dan Mahalini Dikabarkan Menikah Beda Agama, MUI Singgung Soal Zina

Ketua FKUB Bojonegoro, KH,Dr. Tamam Syaifuddin meminta kepada seluruh lapisan masyarakat untuk berpikir jernih dalam menyikapi konflik yang terjadi antara Palestina dan Israel. Menurut dia, perang yang terjadi di sana, bukanlah perang agama, atau ideologi, melainkan perang ekonomi yang melibatkan tidak hanya Israel tapi juga sekutunya. Oleh karenanya, seruan boikot produk terafiliasi Israel yang dikeluarkan MUI sangat tidak tepat. 

"Menurut pengamatan kami, itu bukan perang agama atau ideologi, namun perang dagang dan ekonomi global karena itu tidak hanya melibatkan Israel tetapi sekutunya juga terlibat semuanya," ujar Kiai Tamam, yang juga pengasuh Ponpes Modern Al Fatimah Bojonegoro, Minggu (19/11/2023).

Aksi Zita Anjani Bagi-bagi Kopi untuk Palestina di CFD Usai Dihujat Netizen Soal Starbucks

Ketua FKUB Bojonegoro, KH. Dr. Tamam Syaifuddin

Photo :
  • Viva.co.id

KH Tamam menekankan, akibat fatwa tersebut, banyak karyawan yang di PHK, terlebih korban PHK tersebut merupakan orang Indonesia dan beragama Islam. Dia juga mengatakan, boikot tersebut bisa merusak tatanan ekonomi di Tanah Air.  

MUI Himbau Masyarakat Doakan Timnas Indonesia Juara Piala Asia 2024 dan Lolos ke Olimpiade Paris

"Ketika ada seruan seperti itu, dampak ekonomi dan sosialnya luar biasa. Contohnya, produk Nestle saat ini mengalami PHK besar-besaran, dan tenaga kerjanya adalah orang Indonesia dan muslim," ungkap Kyai Tamam.

MUI boikot produk israel

Photo :
  • Istimewa
Halaman Selanjutnya
img_title