Bandung Bakal Dilewati Tol Terpanjang RI, Mulai Dibangun 2023

Ilustrasi jalan tol
Sumber :
  • Istimewa

BANDUNG – Bandung bakal dilewati tol terpanjang di Indonesia, yakni jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci). Pembangunan tol tersebut akan dimulai pada tahun 2023.

Pelaku Bullying Sisa SMP di Cilacap Mendekam di Penjara

Hal tersebut dikonfirmasi oleh PT Jasa Marga melalui anak perusahaannya, PT Jasamarga Gedebage Cilacap (JGC).

Menurut Direktur Utama PT JGC Johannes Mancelly, proses pembangunan jalan Tol Getaci kini sudah memasuki tahap inventarisasi lahan. Sementara proses identifikasi dan pematokan yang masuk dalam Seksi 1 Junction Gedebage-Garut Utara Jalan Tol Gedebage-Cilacap untuk wilayah Kota Bandung dan Kabupaten Garut telah selesai dilakukan.

Wika Salim Dengan Abang Truk Pertamina di Jalan Tol, Intip Keseruannya

Diharapkan, proses pengadaan lahan untuk Seksi 1 tersebut susai target, sehingga kontruksinya dapat dimulai pada Triulan II Tahun 2023.

"PT JGC juga berkomitmen untuk terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam mempercepat penyelenggaraan pembangunan Jalan Tol Gedebage-Cilacap", jelas Johannes.

Netizen Salfok Sebut Wika Salim Sengaja Pamer Dada

Jalan Tol Getaci ini akan melewati dan menghubungukan kawasan Gedebage-Garut-Tasikmalaya-Patimuan-Cilacap. Rencana pengerjaan kontruksi jalan tol tersebut menelan dana investasi sebesar Rp56 triliun.

Jalan Tol Getaci disebut sebagai jalan tol terpanjang di Indonesia karena melintasi dua provinsi, yakni Jawa Barat dan Jawa Tengah dengan total panjang 206,65 km. Dengan rincian, wilayah Jawa Barat yakni Gedebage hingga Ciamis sepanjang 169,09 km, kemudian dari perbatasan Ciamis hingga Cilapas, Jawa Tengah sepanjang 37,56 km.

Halaman Selanjutnya
img_title