Tak Hanya Santri, Orangtua di SMP IT Pesantren Quran Kayuwalang Juga Digembleng Baca Tulis Al Quran

Wali Murid SMP IT Pesantren Qur'an KayuWalang, Cirebon
Sumber :
  • Pribadi/Istimewa

VIVA Bandung - SMP IT Pesantren Qur'an Kayuwalang di Kota Cirebon, di bawah Yayasan Fityatul Islam Pesantren Quran Kayuwalang, mengadakan program pelatihan Al-Quran dan cara cepat baca tulis Al-Qur'an (BTQ). Program di sini terbilang istimewa, lantaran tak hanya ditujukan bagi para santrinya. Melainkan bagi orang tua juga.

Buya Yahya Ungkap Orang yang Layak Menerima Zakat Fitrah, Orang Tua Sendiri?

Hal ini berangkat dari fakta bahwa sebagian orang tua wali siswa yang memasukkan putra-putrinya ke pesantren tidak mahir BTQ. Menjawab tantangan itu, komite sekolah dan SMP IT Pesantren Quran Kayuwalang bersinergi menyelenggarakan Pemberantasan Buta Huruf Al-Qur'an (PBHA) khusus bagi mereka.

Pimpinan pesantren Kyai Agus Talik SAg MPd selaku penanggung jawab kegiatan menyampaikan bahwa program pengajaran sl Qur'an ini terdapat dua kelompok peserta: yakni yang mahir membaca akan mengikuti Tahsin Al Qur'an atau membaguskan, sementara yang belum lancar mengikuti program Baca Tulis Al Quran (BTQ).

Kisah Mualaf Bangsawan Kerajaan Inggris, Masuk Islam Karena Wanita Indonesia

Heni Sri Wintari (20/11), sebagai sekretaris komite, menyampaikan bahwa kegiatan PBHA ini diprogramkan berjalan selama dua minggu, melibatkan pengajar Al-Qur'an yakni Ustadzah Siti Julaeha dan Ustadzah Shopa.

Heni juga menegaskan koordinasi antara komite sekolah dan pesantren juga dalam bentuk apresiasi berupa acara wisuda dan pemberian sertifikat kepada peserta yang berhasil menyelesaikan pelatihan PBHA ini.

HRS Sebut 2 Kelompok yang Sering Menghujat Dirinya: Mereka Ribut Sendiri

Salah satu orangtua santri, Sri Lindu, menyambut gembira program ini. Karena tidak hanya putrinya Fira yang dapat treatment khusus khusus untuk belajar membaca dan menghafal Al-Qur'an, tetapi juga orang tua wali siswa didorong untuk memiliki kemampuan yang sama.

"Terima kasih kepada Pak Kyai Agus Talik yang telah memfasilitasi program ini dengan baik," ujar Sri.

Halaman Selanjutnya
img_title