Rawan Kabar Hoaks di Masa Kampanye, Berikut Tiga Saluran Pengaduan Ke Bawaslu

Komisioner Bawaslu RI, Lolly Suhenty
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Bandung - Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) RI, di hari pertama kampanye pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, berhasil meluncurkan tiga saluran aduan hoaks soal Pemilu. 

Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar Senang PDIP Nyungsep di 2024

"Saluran pertama adalah hotline aduan hoaks di internet, baik website/laman maupun media sosial, dengan nomor 08119810123," kata Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Humas Bawaslu RI Lolly Suhenty dalam keterangannya di Jakarta, Selasa, 28 November 2023.

Kedua, saluran aduan melalui email medsos@bawaslu.go.id/. Ketiga, saluran Posko Aduan Masyarakat di kantor pengawas Pemilu di seluruh tingkatan.

Nikita Mirzani Kesal, Hubungannya dengan Rizky Irmansyah Disebut Setiingan Kampanye

Peluncuran itu merupakan salah satu kesiagaan Bawaslu mengawasi konten hoaks pemilu sekaligus memperkuat dua saluran aduan yang telah ada sebelumnya, kata Lolly.

Pertama, melalui media sosial jajaran pengawas Pemilu di seluruh tingkatan. Kedua, laman/website aduan pada portal https://jarimuawasipemilu.bawaslu.go.id/pengaduan.

Diduga Settingan, Hubungan Nikita Mirzani dan Rizky Irmansyah Sebatas Kampanye

"Khusus laporan dugaan pelanggaran pemilu, salurannya tetap melalui mekanisme temuan dan laporan sebagaimana Perbawaslu Nomor 7 Tahun 2023 tentang Temuan dan Laporan Pelanggaran Pemilihan Umum," katanya.

Dalam menghadapi aduan yang diterima, Bawaslu mengambil langkah-langkah berikut untuk menangani konten hoaks terkait Pemilu.

Halaman Selanjutnya
img_title