Alasan Etnis Rohingya Terusir, Kini Mencari Kehidupan Layak di Negara Islam, Termasuk Indonesia

Ratusan pengungsi Rohingnya kembali mendarat di Aceh
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Bandung Belakangan ini, Indonesia menjadi sorotan dunia karena kedatangan pengungsi Rohingya dari kamp-kamp di Bangladesh. Mereka berbondong-bondong memasuki wilayah Aceh dengan menggunakan kapal kayu yang kerapkali melebihi kapasitas.

Tampang Dua Pelaku Tersangka Baru Kasus Penyelundupan Etnis Rohingya Ke Aceh

Hingga saat ini, sudah lebih dari 1.000 etnis Rohingya yang telah tiba di Indonesia. Mereka mencari tempat tinggal yang lebih layak karena mengalami diskriminasi di Myanmar dan teror di Bangladesh.

Ratusan pengungsi Rohingnya kembali mendarat di Aceh

Photo :
  • Viva.co.id
Ditolak Masyarakat Aceh, Ustadz Derry Sulaiman Siap Tampung Pengungsi Rohingnya

Lantas, Siapa Etnis Rohingya yang Berlabuh di Aceh?

Semuanya bermula dari kebijakan diskriminatif pemerintah Myanmar sejak akhir tahun 1970-an yang memaksa ratusan ribu Muslim Rohingya untuk meninggalkan rumah mereka di negara yang mayoritas penduduknya beragama Buddha tersebut. 

Imigran Rohingnya Kembali Mendarat di Aceh, UNHCR Langsung Bertindak

Akibatnya, banyak dari etnis Rohingya tersebut melarikan diri dan mencari perlindungan di negara-negara lain, salah satunya adalah Indonesia. Menurut Council on Foreign Relations, Rohingya adalah etnis minoritas Muslim yang mengikuti aliran Sunni dengan pengaruh Sufisme.  

Pada abad ke-15, ribuan umat Islam datang ke Kerajaan Arakan di Burma. Migrasi etnis Rohingya tersebut berlanjut pada abad ke-19 dan awal abad ke-20. 

Halaman Selanjutnya
img_title