Agen Penyelundup Rohingya Ditangkap, Polisi Ungkap Fakta Baru

Ratusan pengungsi Rohingnya kembali mendarat di Aceh
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Bandung Penyelundup pengungsi Rohingya asal Bangladesh, Husson Mukhtar (70), ditangkap polisi. Ia bersama dua rekannya yang masih buron terlibat perdagangan manusia.

Tampang Dua Pelaku Tersangka Baru Kasus Penyelundupan Etnis Rohingya Ke Aceh

Husson dan dua rekannya yang masih buron, Zahangir dan Saber, memfasilitasi perjalanan pengungsi Rohingya dari Camp Corg Bazar, Bangladesh, ke Aceh. Mereka menawarkan dua kapal untuk perjalanan tersebut.

Imigran Rohingya Mendarat di Aceh Utara, Kamis, 16 November 2023

Photo :
  • Viva.co.id
Ditolak Masyarakat Aceh, Ustadz Derry Sulaiman Siap Tampung Pengungsi Rohingnya

Kapal pertama, FB SEFA, dinahkodai Husson Mukhtar. Kapal ini mengangkut 147 orang Rohingya yang tiba di Kabupaten Pidie, Aceh, pada 14 November 2023. Kapal kedua, FB Hajiaiyob Moorf, dinakhodai Zahangir dan Saber. Kapal ini mengangkut 194 orang Rohingya yang tiba di Pidie sehari setelah FB SEFA.

Setelah tiba di Pidie, ketiga agen ini berpura-pura menjadi pengungsi Rohingya. Setelah situasi aman, mereka melarikan diri ke arah pegunungan. Namun, Husson lebih dulu ditangkap oleh warga sekitar.

Imigran Rohingnya Kembali Mendarat di Aceh, UNHCR Langsung Bertindak

Kapolres Pidie, AKBP Imam Asfali, mengatakan bahwa Husson Mukhtar ditangkap karena kondisi usianya yang sudah tidak memungkinkan untuk melarikan diri.

“Dia memfasilitasi kapal kayu untuk mengangkut, membawa rombongan Rohingya dari Bangladesh masuk ke perairan Indonesia tanpa izin dan dokumen yang lengkap,” kata Imam, Kamis, 7 Desember 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title