Pentingnya Literasi Digital di Tengah Gempuran Media Sosial

Ilustrasi
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui Ditjen Aplikasi dan Komunikasi menggelar webinar Literasi Digital Segmen Pendidikan Wilayah Provinsi Jabar, dengan tema Pemanfaatan Internet Untuk Menyebarkan Konten Positif.

Netizen Nyinyirin Sandra Dewi Usai Sang Suami Jadi Tersangka Korupsi Timah

Acara ini diikuti oleh pelajar dengan tiga narasumber, yakni Junico B.P Siahaan selaku angota komisi I DPR RI, Budi Hermawan selaku kepala UPTD Tikomdik Pemprov Jabar dan Budi Dalton yang merupakan seniman Jawa Barat, dengan dibuka langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johny G. Plate, Senin 27 Juni 2022.

Dalam sambutannya, Johny G. Plate mengatakan, digelarnya acara ini bertujuan untuk memberikan dukungan partisipasi bagi siswa dan tenaga pendidik di wilayah Jawa Barat untuk mewujudkan budaya digital dalam lingkungan belajar.

Dulu Dilaporin, Kini Oklin Fia Ikut Pengajian Umi Pipik, Warganet Curigai Hal Ini

Selain itu, agar juga menumbuhkan karakter bagi pelajar dalam kemandirian mencari hal yang tidak diketahui melalui literasi digital guna membangun budaya digital.

"Dalam pandemi Covid-19 kita dituntut untuk melek pada teknologi. Acara ini bertujuan untuk menyiapkan pembelajaran jarak jauh atau PJJ untuk bisa maksimal. Kegiatan ini diperuntukan untuk siswa mahasiswa dan juga tenaga pendidik," ujar Johny, dalam keterangannya di Bandung, Selasa 28 Juni 2022.

Posisi Indonesia Hebat, Ini 5 Angkatan Laut dengan Armada Terbanyak di Asia Tenggara

Dunia digital merupakan sebuah kesempatan yang besar untuk berkreasi, berkarya, berkarir dan berwirausaha. Per Januari 2022, terdapat 204,7 juta pengguna internet dari total populasi Indonesia sebesar 277,7 juta orang dimana tingkat penetrasi internet di Indonesia mencapai 73,7 persen dari total penduduk.

"Sebagai contoh teknologi digital mampu mempengaruhi dunia politik beliau menjelaskan mengenai proses demokrasi di Amerika Serikat," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title