Debat Pamungkas, Anies Satu-satunya Capres yang Soroti Soal Kekerasan pada Perempuan

Calon Presiden, Anies Baswedan
Sumber :
  • Youtube KPU RI

VIVA Bandung – Calon presiden (Capres) nomor urut 1, Anies Baswedan menjadi satu-satunya capres yang mengangkat persoalan kekerasan terhadap perempuan di debat pamungkas atau Debat Kelima Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024). 

Pasca Putusan MK, Gibran Ucapkan Terimkasih ke Anies dan Ganjar Soal Ini

Anies menegaskan, kekerasan sekecil apa pun terhadap perempuan tidak boleh disepelekan sebagai isu kecil. Dijelaskan Anies, kekerasan pada perempuan termasuk diantaranya cat calling, pelecehan di jalanan atau di tempat lain berupa komentar seksual yang tidak diinginkan, gerakan provokatif, klakson mobil, hingga kekerasan fisik.

"Ini semua harus ditindak tegas. Kami akan tindak dengan tegas," tegas Anies dikutip dari Youtube KPU RI, Senin (5/2/2024).

MK Tolak Seluruh Gugatan AMIN, Surya Paloh: Perjuangan Tidak Boleh Berhenti

Menurutnya, penindakan tegas bagi pelaku kekerasan terhadap perempuan merupakan bentuk pelindungan dari pemerintah yang perlu digencarkan. Ia bahkan menyebutkan, ada 3,2 juta kasus kekerasan kepada perempuan selama 8 tahun terakhir. Angka tersebut belum termasuk yang tidak tercatat dan terlaporkan.

"Catatannya ada 3,2 juta kasus dalam 8 tahun terakhir. Itu yang tercatat, itu yang terlaporkan," ucapnya.

Kata Surya Paloh Usai MK Tolak Seluruh Gugatan AMIN

Anies Baswedan di acara debat capres-cawapres pertama.

Photo :
  • Viva.co.id

Anies juga mengatakan bahwa perempuan harus dimuliakan, harus dilindungi, sehingga kekerasan terhadap perempuan tidak boleh disepelekan.

Halaman Selanjutnya
img_title