Terkuak! Rahasia Dibalik Lonjakan Suara PSI, Bukan Operasi Sayang Anak

Ketua umum PSI, Kaesang Pangarep.
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Bandung Perolehan suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang mengalami peningkatan signifikan dalam beberapa hari terakhir sedang menjadi sorotan. 

Dewan Kehormatan PDIP Sebut Gibran Rakabuming Raka Sudah Keluar dari Partai

Berdasarkan hasil perhitungan real count KPU pada Minggu, 3 Maret 2024, PSI berhasil meraih 3,13 persen suara dari total 65,80 persen suara yang telah masuk.

Hasil ini menunjukkan bahwa PSI hanya membutuhkan kurang dari satu persen suara, yaitu 0,87 persen, agar dapat melewati ambang batas parlemen sebesar 4 persen dan mendapatkan kursi di DPR RI Senayan.

Luhut Bocorkan Obrolan Bos Apple dan Presiden Jokowi, Jadi Investasi di IKN?

Kenaikan suara PSI dalam waktu singkat ini menimbulkan pertanyaan. Sebab, berdasarkan beberapa hasil hitung cepat (quick count) dari lembaga survei, termasuk Indikator, PSI hanya memperoleh 2,66 persen suara. 

Namun, data real count KPU menunjukkan angka 3,13 persen. Terdapat selisih 0,47 persen suara antara kedua perhitungan tersebut.

Momen Idul Fitri 1445 Hijriah, Ini Harapan dan Pesan Presiden Jokowi

Grace Natalie

Photo :
  • VIVA/Dhana Kencana

Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie, menganggap penambahan suara saat proses rekapitulasi oleh KPU sebagai hal yang wajar. Ia mengingatkan semua pihak untuk tidak bersikap tendensius terhadap penambahan suara PSI. 

Halaman Selanjutnya
img_title