Situ Ciburuy KBB Diduga Tercemar, Warnanya Hitam Pekat dan Berbau

Situ Ciburuy diduga tercemar limbah
Sumber :
  • Istimewa

BANDUNG – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bandung Barat menelusuri dugaan pencemaran limbah di perairan Situ Ciburuy yang berada di Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Real Count Pilpres di Kabupaten Bandung Barat: Suara Prabowo-Gibran Capai 66%

Diketahui, perairan Situ Ciburuy tiba-tiba mengalami perubahan warna menjadi hitam pekat disertai bau yang tidak sedap di sekitar danau, hingga membuat warga tidak nyaman.

Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (P2KL) DLH Bandung Barat, Idad Saadudin menyebut, pihaknya dalam waktu dekat akan terjun langsung untuk memeriksan dan mengambil sample air di Situ Ciburuy.

Real Count KPU Kabupaten Bandung Barat: Anies 26%, Prabowo 66%, Ganjar 7%

"Tentu kita akan turun (ke lapangan), karena informasi mengenai dugaan pencemaran itu belum ada yang masuk," ujarnya kepada wartawan pada Kamis, 14 Juli 2022.

Karena belum ada laporan yang masuk terkait hal tersebut, maka pihaknya belum bisa memberikan keterangan apapun dugaan pencemaran Situ Ciburuy.

Putri Hengky Kurniawan Terbaring di Rumah Sakit, Ramai Doa Netizen

"Jadi harus dilihat dulu tidak bisa diprediksi oleh kita (penyebabnya). Jadi sampelnya harus dicek dulu baru bisa diketahui apa penyebabnya dan dari mana kemungkinan sumber pencemarannya," beber Idad.

Di kawasan Situ Ciburuy, jelas Idad, terbagi menjadi dua kawasan, yakni danau lama yang kini sedang direvitalisasi oleh Pemprov Jabar, dan danau baru yang berada di sebelah barat Situ Ciburuy Lama.

Halaman Selanjutnya
img_title