Dinkes Jabar Upayakan Layanan Ramah Anak di 685 Puskesmas

Kadinkes Jabar, dr. Nina Susana Dewi
Sumber :
  • Dok. Dinkes Jabar

BANDUNG – Dinas Kesehatan Jawa Barat mengupayakan layanan ramah anak di 685 Puskesmas se-Jawa Barat dengan indikator pelayanan yang terdiri dari SDM terlatih, media dan materi KIE, ruang konseling dan bermain anak, ruang ASI, KTR, sanitasi lingkungan, sarpras disabilitas, cakupan ASI eksklusif, PKPR, mampu tata laksana KTA, data anak terpilah, pusat informasi, menampung suara anak, dan penjangkauan kesehatan.

Update Informasi Ancaman Gelombang Air Laut Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Sabtu 18 Mei 2024

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat dr. Nina Susana Dewi pada Sosialisasi Pelayanan Ramah Anak di Puskesmas DP3AKB Prov. Jabar secara virtual melalui Zoom Meetings, Kamis, 14 Juli 2022.

"Layanan ramah anak di puskesmas dirasa perlu karena 1/3 penduduk Indonesia adalah anak-anak dan 35% anak usia 0 hingga 17 tahun berobat ke puskesmas saat sakit," kata Kadinkes Nina.

Lantik Wahyu Mijaya Sebagai Pj Bupati Cirebon, Bey Machmudin Ingatkan Soal Netralitas Kepala Daerah

Penguatan pelayanan rumah sakit menurutnya terdiri dari beberapa poin sebagai berikut:

  • Penyediaan tenaga medis yang melayani dengan ramah dan paham tentang hak-hak anak
  • Peningkatan kualitas pelayanan dengan pemenuhan sarana prasarana dan alat kesehatan termasuk set pelayanan kesehatan balita dan anak termasuk pelayanan  maternal-neonatal dan balita melalui telemedicine bagi anak yang berada di daerah terpencil
  • Penyediaan ruangan yang memperhatikan pemenuhan hak anak seperti sarana bermain anak ketika menunggu seperti ruang laktasi/ASI dan tersedia media untuk  informasi kesehatan kepada anak dan orang tua/keluarga dan ada larangan merokok
  • Penguatan data terpilah berdasarkan jenis kelamin dan kelompok umur
  • Penyadaran kepada masyarakat tentang puskesmas ramah anak

Kadinkes berharap dengan adanya sosialisasi ini akan berpengaruh dalam peningkatan layanan informasi kesehatan anak khususnya di puskesmas.

Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Jumat 17 Mei 2024

"Setiap anak berhak untuk hidup sehat melalui layanan ramah anak. Mari kita wujudkan generasi unggul menuju Jawa Barat sehat juara lahir batin," tutupnya.