PAN Dianggap Curi Start Kampanye, Mendag Dilaporkan Ke Bawaslu

Zulhas dan Hatta Rajasa
Sumber :
  • Istimewa

BANDUNG Dugaan pelanggaran Pemilihan Umum (Pemilu) yang menjerat Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dilaporkan oleh sejumlah LSM ke Bawaslu RI.

Aksi Zita Anjani Bagi-bagi Kopi untuk Palestina di CFD Usai Dihujat Netizen Soal Starbucks

Hal itu dianggap "curi start" karena melakukan aktivitas kampanye diluar masa kampanye yang ditetapkan oleh Undang-Undang Pemilu.

Sebelumnya diketahui, Menteri Pedagangan yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) jadi sorotan usai aksi bagi-bagi minyak goreng gratis besutan Kementerian Perdagangan Minyakita.

Bagi-bagi minyak goreng gratis itu dilakukan dalam acara PAN-SAR Murah di Telukbetung Timur, Kabupaten Bandar Lampung, Lampung, pada Sabtu, (9/7) lalu.

Ketua LSM Kata Rakyat Alwan Ola Robi menuturkan, ia menduga adanya dugaan praktek kampanye dengan fasilitas Negara, dan dugaan kampanye diluar jadwal ata curi start yang dilakukan oleh Mendag Zulhas sebagai Ketua Umum PAN, sekailgus Menteri Perdagangan RI dalam aktivitas pasar murah partai politik PAN di Lampung.

Nikita Mirzani Kesal, Hubungannya dengan Rizky Irmansyah Disebut Setiingan Kampanye

"Berdasarkan rekaman video yang beredar, aktivitas bagi-bagi minyak goreng tersebut disertai dengan ajakan memilih saudari Futri Zulya Savitri, yang sekaligus disertai janji untuk mendapatkan kembali pembagian minyak goreng dalam dua bulan ke depan hal itu mengandung dua hal sekaligus," kata Ola, dalam konferensi pers di Media Center Bawaslu RI, Selasa (19/7).

Ia menilai putri Mendag Zulhas, Futri Zulya Savitri, seharusnya bisa lebih independen dan tidak aji mumpung dengan memanfaatkan jabatan yang dipegang ayahnya saat ini.

Halaman Selanjutnya
img_title