Jasa Tirta II Dampingi Peternak Sapi Olah Biogas

Jasa Tirta II Dampingi Peternak Olah Biogas
Sumber :
  • Dok. Jasa Tirta II

BANDUNG – Jasa Tirta II gencar melakukan pendampingan terhadap para peternak sapi. Seperti di Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung pada Jumat, 15 Juli 2022. Sebanyak 30 peternak sapi mendapatkan pelatihan dan pengembangan untuk pemanfaatan limbah ternak sapi menjadi biogas, peternakan cacing dan pembuatan pupuk.

Sahrul Gunawan Jadi Magnet Ibu-ibu di Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Dalam pelatihan tersebut, para peternak sapi dibekali keterampilan dalam hal perawatan dan penggunaan biogas, budidaya cacing, pupuk organik, pengeringan cacing, pembuatan biocoumpon dan briket serta pengaplikasian penggunaan pupuk organik.

"Biogas sebagai program unggulan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) selain memberikan dampak pada peningkatan kualitas air Sungai Citarum, juga dapat meningkatkan nilai tambah ekonomi para peternak," ujar Kadiv Umum dan TJSL, I.S Budi Satrijo dalam keterangannya, Selasa, 26 Juli 2022.

Jasa Tirta II Bersama 4 BUMN Sepakat Bentuk Proyek IWF

"Peternak mendapatkan manfaat dan keuntungan dari keberadaan biogas untuk akses energi yang digunakan sebagai bahan bakar masak dan penerangan. Program ini menjadi suistanibility karena memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat," lanjutnya.

Jasa Tirta II Dampingi Peternak Olah Biogas

Photo :
  • Dok. Jasa Tirta II
Gerakan Konservasi Jasa Tirta II Untuk Ibu Pertiwi

Dari hasil monitoring evaluasi pemanfaatan biogas di lokasi tersebut, diperoleh data bahwa masyarakat pengguna biogas tidak lagi membeli tabung elpiji.

Sebelumnya, masyarakat sekitar menggunakan elpiji 3 Kg sejumlah empat tabung per bulan, dengan harga pertabung sebesar Rp25 ribu. Setelah beralih menjadi pengguna biogas, setiap kepala keluarga dapat menghemat penggunaaan elpiji sebesar Rp100 ribu perbulannya.

Halaman Selanjutnya
img_title