Ini Saksi Kunci Kematian Brigadir J, Dimana Ajudan Ferdy Sambo?

Komisioner Komnas HAM, M Choirul Anam
Sumber :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

BANDUNG – Perkembangan terkini kasus kematian Brigadir J yang melibatkan Irjen Pol Ferdy Sambo, kini sejumlah fakta mulai mencuat usai beberapa pihak dipanggil Komini Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).

Supir Bus Ditetapkan Tersangka Kecelakaan Maut di Ciater Subang, Begini Penjelasan Polisi

Komisioner Komnas HAM Choirul Anam mengatakan, keterangan dari para ajudan Kadiv Propam Polri nonaktif Irjen Ferdy Sambo menjadi salah satu pilar utama dalam konstruksi peristiwa kematian Brigadir J.

Sebelumhya diketahui, Brigadir J diklaim tewas dalam baku tembak dengan Bharada E di rumah dinas Sambo, Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, pada Jumat 8 Juli lalu.

Tragedi Bus SMK Lingga Kencana di Subang: Sopir Terancam Tersangka, Ini Penjelasannya

"Jadi ADC ini menjadi salah satu pilar utama dalam konstruksi peristiwa dan bagaimana melihat peristiwa kematian Brigadir J ini," kata Anam di Kantor Komnas HAM, Selasa, 26 Juli 2022.

Anam menjelaskan, pihaknya melakukan dua model pemeriksaan untuk menggali keterangan dari sejumlah ajudan Sambo. Mereka akan diperiksa terpisah dan berbarengan.

Pengakuan dan Perilaku Tak Wajar Pelaku Mutilasi Istri di Ciamis, Diungkap Polisi Usai Pemeriksaan

"Ada dua model yang akan kami lakukan, memang pasti sendiri sendiri dan ada yang satu tempat bersama, karena kami kepengen tau detail apa yang terjadi, konteksnya apa," kata dia.

Ia mengaku, analisis dari Komnas HAM terkait kematian Brigadir J komprehensif. Oleh sebab itu, ia juga ingin mengetahui analisis yang berkembang di publik.

Halaman Selanjutnya
img_title