Suspek Cacar Monyet Ditemukan di Jateng, Seperti Ini Gejalanya

Ilustrasi cacar monyet
Sumber :
  • Pixabay

Bandung – Belum habis dengan kasus Covid-19, kini dunia tengah dihebohkan kemunculan penyakit baru yakni cacar monyet atau monkeypox.

Suara Kandang Banteng Dikuasai Prabowo, Ganjar Pranowo: Itu Kurang Lucu

Menurut catatan WHO, saat ini Cacar Monyet dilaporkan telah meluas ke 12 negara non endemis yang berada di 3 regional WHO, yakni Eropa, Amerika dan Western Pacific.

Kemudian baru-baru ini, dikabarkan kasus cacar monyet telah ditemukan di Indonesia, yakni di Jawa Tengah. Di mana, seorang warga di Jateng dikonfirmasi berstatus suspek cacar monyet. Warga tersebut kini menjalani perawatan di salah satu rumah sakit swasta.

Disindir Soal Hubungannya dengan Jokowi, Begini Jawaban Ganjar Pranowo

Kabar tersebut dikonfirmasi oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Pihaknya saat ini tengah memantau warga yang suspek cacar monyet tersebut. Kendati statusnya bergejala, namun Ganjar belum bisa memastikan positif atau tidak.

"Kita masih pantau terus sampai hari ini. Kemarin ada yang bercirikan seperti itu, tapi masih didalami," jelas Ganjar dikutip dari laman jatengprov.go.id, Rabu, 3 Agustus 2022.

Kemenkes RI Ajak Masyarakat Lawan Virus Pneumonia, Terapkan 3 Tips Hidup Bersih

"Kita belum berani menentukan apakah itu monkeypox atau bukan, tapi kita lagi pantau," sambungnya.

Lantas apa sebenarnya cacar monyet? sangat berbahaya dan menular? simak berikut ulasannya dikutip dari laman kemkes.go.id.

Halaman Selanjutnya
img_title