Mapag Lengkah Anyar Purwakarta Diwarnai Isu Bisnis Kolusi

Salah satu festival di Purwakarta
Sumber :
  • Pemkab Purwakarta

BANDUNG – Gelaran festival liwet sebanyak 6.000 kastrol yang bertajuk 'Mapag Lengkah Anyar' di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, digadang-gadang sebagai bentuk syukuran atas diperbaikinya jalan milik Pemprov Jabar yang melintasi wilayah setempat.

Namanya Diseret dalam Kasus Vina Cirebon, Bupati Indramayu Ancam Pidanakan Warganet

Diketahui, lebih dari 3 tahun terakhir jalan yang menghubungkan antar desa di Kecamatan Jatiluhur itu rusak parah. Dampaknya, perputaran ekonomi terhambat, kemacetan parah, bahkan hingga memakan korban jiwa. Banyak kritikan hingga desakan yang dilayangkan ke pemerintah agar jalan segera diperbaiki.

Sekian lama menunggu, akhirnya jalan itu selesai diperbaiki oleh Pemprov Jabar dengan dibantu pengelola proyek KCIC. Sebagai bentuk rasa syukur, maka diadakanlah festival liwet yang melibatkan masyarakat, RT/RW, pemerintahan desa, pemerintahan kecamatan, sampai OPD.

Resmi Tutup Pabrik di Purwakarta, Begini Sejarah Brand Sepatu BATA

Akan tetapi, belum juga berjalan, suara sumbang mulai terdengar. Pasalnya, untuk memuluskan acara, warga terbebani. Di mana, disinyalir adanya pengkondisian untuk pembelian kastrol.

Peserta 'wajib' membeli kastrol dari koordinator yang mengarah kepada Kepala Desa Mekargalih, Kecamatan Jatiluhur, M Muhyi. Adapun harga kastrol yang dijual di Muhyi bervariasi antara Rp 40 ribu sampai Rp 202 ribu.

Viral! Video Pabrik Sepatu Bata Tutup di Purwakarta, Begini Fakatanya

Pengadaan kastrol liwet Desa Mekargalih, Jatiluhur, Purwakarta

Photo :
  • Istimewa

Kades Mekargalih, M Muhyi, saat dikonfirmasi Sabtu 27 Agustus 2022, membantah isu tersebut. Ia menerangkan, acara itu bukan hajatnya Pemerintahan Desa Mekargalih, melainkan hajatnya warga Jatiluhur yang bersyukur atas diperbaikinya jalan dari Desa Bunder sampai Cikao Bandung.

Halaman Selanjutnya
img_title