Aksi Penolakan Kenaikan Harga BBM Rawan Diklaim Asing

Unjuk Rasa Tolak Kenaikan BBM di Sejumlah Daerah
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi

BANDUNG - Pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) pada Sabtu, 3 September 2022. Pasalnya, kenaikan harga BBM akan berlaku pada Sabtu, 3 September 2022 jam 14.30 WIB atau 1 jam setelah diumumkan pemerintah.

Tarif Angkutan Umum di Bandung Naik Imbas BBM, Ini Daftar Harganya

Presiden Jokowi mengatakan pemerintah telah berupaya sekuat tenaga untuk melindungi rakyat dari gejolak harga minyak dunia. Sebetulnya, ia ingin harga BBM dalam negeri tetap terjangkau dengan memberikan subsidi dari APBN. Akibatnya, kebijakan itu memicu gerakan aksi demonstrasi berbagai kalangan.

Mantan Aktivis 98 yang tergabung dalam DPN Barikade 98, Ruscain menilai bahwa hak demokrasi masyarakat menyikapi kenaikan harga BBM ditujukan agar adanya evaluasi atas kebijakan itu.

BBM Naik, BLT Untuk Orang Miskin di Jabar Mulai Dicairkan

Demo BBM naik

Photo :
  • VIVA/Muh

"Kemurnian perjuangan aksi buruh, mahasiswa dan elemen rakyat lainnya harus terjaga, jangan sampai dirusak dijadikan komoditi kepentingan dijual oleh kaki tangan NGO Asing," kata Ruscain dalam keterangannya, Senin 5 September 2022.

BBM Resmi Naik, Risma Sebut Akan Luncurkan Dana BLT untuk Masyarakat

Bahkan, aksi Nasional buruh yang diserukan salah satu tokoh partai buruh yang memiliki hubungan dengan NGO Asing, dinilai mencoreng kemurnian gerakan buruh, mahasiswa dan rakyat dalam penyampaian aspirasinya. "Ada kepentingan apa NGO Asing yang selalu bergerak masuk membangun hubungan dengan tokoh buruh tersebut?," ujar Ruscain.

Halaman Selanjutnya
img_title