Gempa M 7,5 Guncang Meksiko, Berpotensi Tsunami

Ilustrasi gempa bumi
Sumber :
  • Pixabay

BandungGempa bumi dengan kekuatan 7,6 Skala Richter mengguncang Meksiko tepatnya di pantai Pasifik tengah dan menewaskan setidaknya 1 orang. Gempa yang terjadi pada Senin malam, 19 September 2022 itu mengingatkan kembali gempa bumi besar yang terjadi sebelumnya pada waktu yang lalu di Meksiko.

Gempa Magnitudi di Tuban, BMKG Prediksi Datangnya Tsunami

Gempa Meksiko yang terjadi pada petang waktu lokal itu menyebabkan kerusakan berat bangunan-bangunan di sana. Sementara Badan Geologi AS menyebutkan bahwa magnitudenya adalah 7,5 dilansir NPR.

Pusat gempa disebut berada sekitar 37 kilomter di barat daya Aquila di dekat perbatasan Colima dan Michoachan dengan kedalaman di 15,1 kilometer.

BMKG Sebut Ada 8 Kali Gempa Susulan Setelah Guncang Tuban Berskala 6,5

Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador mengatakan lewat akun Twitter bahwa militer melaporkan ada korban tewas akibat bencana alam ini di Kota Manzanillo yang merupakan kota pelabuhan. Bahkan dinding sebuah mal di sana dilaporkan rubuh.

Warga di sana kemudian menyaksikan kejadian mengerikan itu.

Gempa Magnitudo 6,5 Guncang Tuban, Ini Kata BMKG: Tsunami?

Petugas beri pertolongan warga usai diguncang gempa di Meksiko

Photo :
  • AP Photo/Fernando Llano

"Awalnya setelah berguncang mulai pelan namun kemudian langsung berguncang dengan amat kuat sampai bergoyang dan rubuh," kata seorang warga bernama Carla yang merupakan penduduk Coalcoman.

Halaman Selanjutnya
img_title