Detik-detik Mahsa Amini Diduga Disiksa hingga Meregang Nyawa

Protes atas kematian tragis Mahsa Amini di Jerman
Sumber :
  • AP Photo/Michael Sohn

BANDUNG– Tragedi kemanusiaan tewasnya seorang perempuan muda bernama Mahsa Amini menyulut kemarahan massal di negara Iran. Mahsa Amini tewas setelah tak lama ditahan oleh polisi moralitas Iran karena dianggap melanggar kebijakan hijab dan aturan berpakaian sesuai syariah.

Perang di Timur Tengah Memanas, Rusia Kirim Jet Tempur Canggih Bantu Iran Hadapi Balas Dendam Israel

Penangkapannya terjadi pada 14 September 2022 lalu sekitar pukul 18.30 waktu setempat di Teheran, Iran ketika dia berjalan keluar dari stasiun kereta api Haghani bersama dengan saudara lelakinya.

Namun polisi moralitas Iran menyetop mereka walau dia dan saudara lelakinya yang bernama Kiarash sempat mempertanyakan penangkapan tersebut kepada polisi.

Kawal Putusan Sengketa Pilpres 2024, PA 212 Gelar Istighosah Kubro di Depan Gedung MK

Protes antihijab di Teheran, Iran

Photo :
  • AP Photo

"Dia kemudian diangkut ke tahanan Vozara dan dijanjikan dalam 1 jam dibebaskan bila berjanji tak mengulang kesalahan," kata Kiarash sebagaimana diberitakan Iran True.

Serangan Masal Rudal Iran atas Israel Diwarnai Pekikan Takbir Kaum Muslimin

Sementara satu orang lainnya perempuan yang ikut ditahan menggambarkan situasi mereka diangkut dalam mobil van.

"Mahsa, saya dan beberapa lainnya protes ketika polisi membawa kami. Namun aparat menyuruh kami diam dengan tindakan kekerasan dan memukuli kami. Mahsa saat itu masih sadar walau dia memang dia mengatakan merasa sakit."

Halaman Selanjutnya
img_title