AHY Belum Terlalu Matang di Politik, Kata Pakar Komunikasi

Ketum Partai Demokrat, AHY di Rapimnas
Sumber :
  • Tangkap layar

BANDUNG – Pakar komunikasi politik, Emrus Sihombing menilai, kritikan dari Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono terhadap Presiden Joko Widodo, adalah framing persepsi publik.

Terkuak! Rahasia Dibalik Lonjakan Suara PSI, Bukan Operasi Sayang Anak

Dalam kritikannya saat Rapimnas Demokrat lalu, AHY menyebut pemerintahan Jokowi tinggal gunting pita proyek-proyek yang sudah dibangun era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY. Dengan begitu, kata dia, maka muncul persepsii publik bahwa SBY lebih banyak membangun infrastruktur.

"AHY telah melakukan framing, produk manipulasi persepsi publik. Seolah-olah bahwa SBY lebih hebat," ujar Emrus, dalam keterangannya, Rabu 28 September 2022.

Anies Baswedan Beri Komentar Menohok Soal Penganugerahan Jenderal Kehormatan Prabowo

Ketum Partai Demokrat, AHY di Rapimnas

Photo :
  • Tangkap layar

Menurut dia, jika mengkritik infrastruktur era Jokowi, semestinya AHY mendetailkan. Proyek apa saja harus disebutkan. Tetapi yang dilihatnya tidak ada, sehingga Emrus menilai belum matang dalam berpolitik.

Media Asing Soroti Kasus Pelanggaran HAM dalam Penganugerahan Pangkat Jenderal Kehormatan Ke Prabowo

"Pandangan-pandangan yang disampaikan AHY ini menunjukkan ketidakmatangan beliau dalam berkomunikasi politik dan ketidakmatangan sebagai aktor politik. Padahal dia ketua umum partai hingga salah satu kandidat di Pilpres 2024," ujarnya.

Dia melihat, memang ada keinginan untuk berkuasa. Tidak seperti seorang negarawan yang tidak mementingkan kekuasaan. "Kalau negarawan kan lebih mengedepankan, kekuasaan bukan penting. Tapi memperoleh kekuasaan itu harus memang egaliter. Tapi kalau seperti AHY itu belum egaliter," ujar AHY.

Halaman Selanjutnya
img_title