Mengenal Sosok Eks Jubir KPK yang Jadi Pembela Putri Sambo

Eks Jubir KPK, Febri Diansyah
Eks Jubir KPK, Febri Diansyah
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Bandung – Nama Febri Diansyah yang merupakan mantan juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mulai menyita perhatian usai dikabarkan bergabung dengan tim kuasa mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi. Profil diri Febri Diansyah menarik perhatian publik.

Diketahui bahwa Putri Candrawathi merupakan salah satu tersangka dalam kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Febri Diansyah merupakan seorang pria kelahiran Padang, Sumatera Barat pada 8 Februari 1983. Ia kuliah di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada dan lulus pada tahun 2007.

Eks Jubir KPK, Febri Diansyah

Eks Jubir KPK, Febri Diansyah

Photo :
  • VIVA/ Edwin Firdaus

Semasa kuliahnya, Febri Diansyah aktif di organisasi Indonesia Court Monitoring (ICM), yakni sebuah lembaga pengawasan peradilan di Yogyakarta. 

Setelah lulus, ia bergabung dalam Lembaga Swadaya Masyarakat antirasuah, Indonesia Corruption Watch (ICW). Lembaga ini berisikan orang-orang yang berkomitmen untuk menjegal korupsi.

Sejak bergabung dalam ICW, nama Febri semakin dikenal masyarakat. Ia kemudian bergabung dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) setelah melewati serangkaian ujian. Febri Diansyah diterima di bagian pegawai Fungsional Direktorak Gratifikasi KPK.