Berkaca Tragedi Kanjuruhan, Irjen Fadil Terapkan Filosofi Jahit Baju

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil
Sumber :
  • Antara

BANDUNG – Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran memimpin apel gelar pasukan Parliamentary Speakers Summit (P20), Selasa 4 Oktober 2022.

Pengakuan Mengejutkan Lima Tersangka Pembunuh Vina, Dipaksa Tiru Skenario Polisi Soal Ini

Dalam sambutannya, Irjen Fadil sempat menyinggung soal tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, pasca laga Arema FC melawan Persebaya Surabaya yang menewaskan ratusan orang. Irjen Fadil mengingatkan anggotanya untuk belajar dari tragedi kanjuruhan ini dalam melakukan pengamanan agar tak terjadi hal seperti itu.

"Berkaca pada peristiwa di Stadion Kanjuruhan Malang, Jatim memberikan kita turning point untuk melakukan evaluasi terhadap standar sistem pengamanan kita," kata Irjen Fadil di Markas Polda Metro Jaya, Selasa 4 Oktober 2022.

Alasan Tim Hukum Hotman Paris Jadi Kuasa Hukum Keluarga Vina: Kenapa 8 Tahun Tidak Terungkap?

Insiden Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Arema FC vs Persebaya

Photo :
  • VIVA

Mantan Kapolda Jawa Timur ini meminta anak buahnya untuk mempedomani secara betul tahapan pengamanan. Mulai dari tahap kerumunan, sampai ke tahap berkumpulnya massa yang bisa menimbulkan terjadinya kekacauan.

PO dan Karoseri Bus Putera Fajar Bisa Jadi Tersangka Kecelakaan Maut Ciater, Ini Penjelasan Polisi

"Oleh sebab itu, pedomani Perkap No 1 Tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan Polri," kata dia.

Irjen Fadil mengatakan, tragedi Kanjuruhan membuat semua pandangan masyarakat tertuju ke Polri, sehingga dia minta anak buahnya untuk mengedepankan langkah-langkah pencegahan. Irjen Fadil mau anggota yang bertugas di lapangan tidak ada lagi melakukan tindakan di luar dari apa yang menjadi kesepakatan, menjadi komitmen dan menjadi arahan.

Halaman Selanjutnya
img_title