Taiwan Pastikan Akan Tembak Jatuh Pesawat China yang Langgar Batas

Ilustrasi peralatan tempur
Sumber :
  • Instagram

Bandung – Usai pesawat tempur atau kapal China yang melanggar batas wilayah. Pejabat tinggi pertahanan di Taiwan mengatakan pihaknya tidak akan segan-segan untuk menembak.

Mengenal Xinjiang, Destinasi Wisata Muslim di Dataran China

Tak hanya itu, menurutnya kapal China yang melanggar batas akan memicu konflik yang lebih luas di Selat Taiwan yang dapat lepas kendali. 

Menteri Pertahanan Taiwan Chiu Kuo-cheng mengatakan, pasukannya akan dipaksa untuk menanggapi secara militer jika sebuah pesawat atau kapal musuh melintasi ambang batas 12 mil laut dari wilayah udara atau laut termasuk di pulau-pulau kecil yang dikuasai Taipei di lepas pantai timur China.  

Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah untuk Mudik Lebaran Makin Hemat

"Kami akan memberikan peringatan dan mengunci saat mendekat, Mengunci juga merupakan bentuk peringatan. Jika mengabaikan peringatan ini dan terus mendekat, maka kami akan bertindak membela diri," kata Chiu merujuk pada pesawat atau kapal musuh. 

Niat mendekati pesawat akan diklarifikasi, katanya. Kalau tidak maka pesawat itu dipastikan membahayakan. 

Profil, Karir dan Instagram Maria Zhang, Pemeran Suki di Serial Avatar: The Last Airbender

Chiu membuat pernyataan di Komite Pertahanan Asing dan Nasional legislatif Taiwan, di mana dia mengatakan kepada anggota parlemen sehari sebelumnya bahwa dia telah mendefinisikan ulang apa yang akan dianggap Taipei sebagai peristiwa serangan pertama, memperluas cakupan dari serangan rudal atau artileri untuk memasukkan wilayah udara, serangan oleh kendaraan udara tak berawak militer China. 

"Jika ada serangan pertama, Taiwan harus bersiap untuk lebih banyak lagi," kata Chiu kepada legislator oposisi Johnny Chiang, dikutip dari Newsweek, Kamis, 13 Oktober 2022.

Halaman Selanjutnya
img_title