Bandung Stop Jual Obat Sirup, Siaga Ginjal Akut Anak

Ilustrasi Obat Sirup
Sumber :
  • Pinterest

 

Ditangkap Polisi Buntut Penistaan Agama Islam, TikToker Galih Loss: Saya Minta Maaf

BANDUNG - Maraknya kasus gangguan ginjal akut atipikal di kalangan anak, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengeluarkan instruksi agar sementara ini fasilitas kesehatan sementara ini tidak menjual obat bebas dalam bentuk sirup kepada masyarakat.

Hal ini diakui Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, dr. Anhar Hadian. "Kemenkes menginstruksikan untuk seluruh tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan tidak memberikan dulu resep cair atau sirup. Belum ada instruksi untuk melakukan penarikan obat," ujar Anhar dalam keterangannya, Rabu 19 Oktober 2022.

Nikahi Polisi Bandung, Anak Camat di Purwakarta Kaget Diberi Mahar Emas Palsu

Anhar menuturkan, pihaknya menemukan dugaan satu kasus di Kota Bandung. "Itu pun sudah sembuh. Dia sempat dirawat di RSHS (RS Hasan Sadikin)," katanya.

Anhar menerangkan, pihaknya belum bisa memberikan informasi karena pihak RSHS masih meneliti lebih lanjut terkait hal tersebut.

Dapat Kiriman Makanan Pro Israel, Zara Anak Ridwan Kamil Bangga

Sebelumnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebutkan obat sirup yang dilarang untuk anak antara lain Promethazine Oral Solution, Kofexmalin Baby Cough Syrup, Makoff Baby Cough Syrup, dan Magrip N Cold Syrup. Keempat produk tersebut diproduksi oleh Maiden Pharmaceuticals Limited, India.

"Belum ada perkembangan soal itu. Masih sama keempat merek itu yang dilarang. Tapi ini tidak beredar di Indonesia," katanya. Sehingga ia menganjurkan agar obat cair bisa diganti dengan bentuk lain.

Halaman Selanjutnya
img_title