Elektabilitas Ganjar Pranowo Unggul Ketimbang Anies dan Prabowo

Survei dari Lembaga Charta Politika
Sumber :
  • ANTARA

BANDUNG – Hasil survei dari Lembaga Charta Politika Indonesia terkait dengan tingkat keterpilihan (elektabilitas) calon presiden pada Pemilu 2024 menunjukkan bahwa Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo unggul di Sumatera Utara dan Kalimantan Timur.

Ridwan Kamil Blak-blakan Soal Putusan Maju Pilkada Jabar atau Jakarta

Menurut Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu, elektabilitas Ganjar unggul di Sumatera Utara dengan perolehan dukungan sebesar 26,8 dari responden.

"Pada simulasi 10 nama, Ganjar Pranowo mendapatkan elektabilitas tertinggi, unggul tipis di atas Anies Baswedan (24,3 persen) dan Prabowo Subianto (22,9 persen). Nama-nama lainnya berada di bawah 6 persen dan responden yang tidak menjawab atau tidak tahu sebesar 8,6 persen," jelas dia.

Tak Hanya Raja Salman, Petinggi Negara Lain juga Ucapkan Selamat pada Prabowo

Kader PDIP Ganjar Pranowo diusung Capres oleh Nasdem

Photo :
  • istimewa

Sementara itu, di Kalimantan Timur, pada simulasi 10 nama, elektabilitas Ganjar juga unggul dengan perolehan dukungan responden sebesar 26,6 persen. Berikutnya di posisi kedua mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan elektabilitas sebesar 25,3 persen.

Ganjar Pranowo Bantah Laporan IPW Soal Gratifikasi Bank Jateng

Di posisi ketiga Menteri Pertahanan RI sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan elektabilitas sebesar 23,8 persen. Tujuh nama-nama lainnya hanya memperoleh elektabilitas di bawah 4 persen.

"Hasil survei di Kalimantan Timur, Ganjar kembali mendapatkan elektabilitas tertinggi. Unggul tipis di atas Anies Baswedan dan Prabowo Subianto," ucap Yunarto.

Halaman Selanjutnya
img_title