Atlet Disabilitas Purwakarta 'Dianggurin' Bupati Anne

Atlet Peparda Purwakarta
Sumber :
  • Istimewa

BANDUNG – Kesetaraan untuk atlet penyandang disabilitas di Kabupaten Purwakarta dinilai sangat minim, bahkan terkesan diabaikan.

Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Sabtu 25 Mei 2024

Hal tersebut nampak dari tidak adanya dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta kepada para atlet disabilitas di ajang Peparda VI Provinsi Jawa Barat.

Pada ajang perhelatan olahraga bagi para penyandang disabilitas itu, Kontingen Purwakarta finish di posisi 16. Padahal biasanya selalu berada di posisi 10 besar.

Update Informasi Ancaman Gelombang Air Laut Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Sabtu 25 Mei 2024

Ketua Umum National Paralympic Committe Indonesia (NPCI) Kabupaten Purwakarta, Aip Saputra pun mengungkapkan sejumlah faktor yang menyebabkan Kontingen Purwakarta gagal mempertahankan 10 besar tersebut.

Pertama, karena dukungan pembinaan yang minim. Kemudian kedua karena fasilitas olahraga disabilitas yang tidak ada, baik akses untuk memasuki arena Gelanggang Olahraga maupun alat latihan khusus disabilitas untuk menunjang prestasi.

Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Jumat 24 Mei 2024

"PEPARDA VI Jabar tahun ini NPCI Purwakarta hanya mengirimkan 6 Cabang olah raga dari 12 Cabang yang diperlombakan. Berkaitan dengan minim pendanaan dan pembinaan," ujar Aip dalam keterangan resminya, Rabu, 30 November 2022.

Selain itu, Peparda Jabar tahun ini banyak kota dan kabupaten lain yang menggunakan Atlet dari wilayah Timur, di mana mereka mendominasi dalam jajaran Pelatnas.

Halaman Selanjutnya
img_title