BWF Mengusahakan Atlet Rusia dan Belarus Kembali Berpartisipasi dalam Pertandingan

Badminton World Federation
Sumber :
  • Pinterest

Viva Bandung – Saat ini, federasi bulutangkis dunia BWF tengah mengusahakan agar atlet badminton dari Rusia dan Belarus dapat kembali berkompetisi di bawah bendera netral, menyusul sanksi yang diterapkan kepada Moskow atas invasi ke Ukraina.

Terungkap! Satu Keluarga Diciduk, Diduga Terlibat Tragedi Berdarah di Gedung Konser Rusia

Melalui keterangan resminya, BWF mengatakan bahwa setiap atlet harus diizinkan berpartisipasi dalam kompetisi tanpa dihakimi atas paspor mereka. Juga memisahkan diri dari konflik geopolitik di luar olahraga. Keterangan ini dikatakan pada Rabu, 31 Mei 2023 kemarin.

"Olahraga harus membangun perdamaian dan solidaritas antara semua orang dan tidak boleh menjadi kendaraan politik untuk mempengaruhi geopolitik," demikian laman resmi BWF.

Ngeri! Begini Cara Intelijen Rusia Buat Para Pelaku Terorisme Buka Suara

Pada pembahasan awal pekan ini, BWF juga akan membawa kerangka operasional dan regulasi agar dapat mengizinkan atlet yang memiliki paspor Rusia dan Belarus untuk berkompetisi sebagai atlet individual netral. Hal ini dibicarakan dalam pertemuan dewan federasi tersebut pada bulan Agustus di Kopenhagen, Denmark.

Latar belakang keputusan ini adalah karena semakin dekatnya penyelenggaraan Olimpiade Paris

Diprediksi Akan Jadi Presiden RI, Begini Pesan Vladimir Putin Untuk Prabowo

Namun demikian, BWF melarang atlet Rusia dan Belarus untuk berkompetisi pada bulan Maret lalu dan mempermanjang sanksi ini satu bulan berselang setelah invasi Moskow ke Ukraina memasuki tahun kedua.

Atlet dari dua negara tersebut dikenai berbagai sanksi dari berbagai federasi olahraga sejak adanya invasi Rusia ke Ukraina. Pada bulan Maret, komite olimpiade internasional merekomendasikan para atlet dari dua negara tersebut untuk kembali ikut ajang olahraga, namun tanpa memberi pernyataan lebih lanjut mengenai partisipasi mereka di Olimpiade Paris.