Inilah Alasan Ernando Ari Jadi Penendang Penalti yang Diungkap Shin Tae-yong

Kiper Timnas Indonesia U-23 Ernando Ari gagalkan penalti
Sumber :
  • Instagram

Viva Bandung – Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong mengatakan alasan Ernando Ari menjadi penendang penalti di pertandingan melawan Vietnam. Timnas Indonesia gagal meraih gelar juara Piala AFF setelah dikalahkan oleh Vietnam dalam laga final.

Rekor Baik Korea Selatan Dihancurkan Shin Tae-yong

Bertanding di Rayong Provincial Stadium pada Sabtu, 26 Agustus 2023, Indonesia kalah 5-6 setelah bermain imbang 0-0 selama 120 menit.

Momen menarik dalam babak adu penalti adalah ketika kiper Ernando Ari menjadi penendang keenam. Namun keberanian Ernando tidak mampu membuahkan gol. Tendangannya dihalau oleh kiper Vietnam.

Selain Indonesia, Seluruh Wakil Asean Alami Kekalahan Tragis pada Babak Penyisihan Grup

Shin Tae-yong mengatakan bahwa hal itu sudah direncanakan sebelumnya. Ernando Ari berlatih mengambil tendangan penalti sebelum menghadapi partai final.

"Kami hanya memiliki lima pemain pengganti, jadi kami harus bersiap dengan baik jika ada perpanjangan waktu," ujarnya selepas pertandingan. 

Jelang Laga Perempat Final, Pemian Korea Selatan Ini Jadi Momok Menakutkan Bagi Timnas Indonesia

"U23 Vietnam memiliki lebih banyak pemain dan itulah keunggulan mereka. Penjaga gawang berlatih tendangan pena dalam latihan, tetapi dalam pertandingan sebenarnya ceritanya berbeda," jelasnya.

Sebenarnya Ernando mampu tampil apik selama Piala AFF U-23 ini dengan hanya kebobolan tiga dari empat pertandingan. Di laga final, Ernando juga mampu menggagalkan penalti Vietnam pada menit ke-39.

Halaman Selanjutnya
img_title