Sempat Bawa Timnas Argentina Juara Piala Dunia, Pelatih Cesar Luis Kini Telah Tiada

Eks pelatih Timnas Argentina, Cesar Luis Menotti.
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Bandung - Pelatih senior yang pernah bawa Timnas Argentina juara Piala Dunia 1978, Cesar Luis Menotti kini telah meninggal dunia di usia 85 tahun pada Minggu, 5 Mei 2024. 

Heboh! Shin Tae-yong Kritik Pemain Lokal di Tubuh Timnas Indonesia U-23, Ada Apa?

"Asosiasi Sepakbola Argentina dengan sangat menyesal melaporkan kematian Cesar Luis Menotti, mantan pelatih juara dunia Argentina,” demikian pernyataan Argentine Football Association (AFA) pada Senin. 

Dijuluki El Flaco (si kurus), ia dikenal sebagai perokok berat yang pernah melatih 11 klub serta dua timnas (Argentina dan Meksiko) dalam karir kepelatihannya yang berlangsung selama 37 tahun.

Pelatih Guinea Bocorkan Kelemahan Tim Guinea U-23 dan Akui Keunggulan Garuda Muda dalam Hal ini

Selain ditunjuk sebagai juru taktik klub dalam negeri Argentina, Boca Juniors dan River Plate, pelatih kelahiran Rosario tersebut juga pernah melatih klub elit Benua Eropa, yaitu Atletico Madrid, Sampdoria dan Barcelona. 

Puncak karir kepelatihan sang juru taktik terjadi pada kurun waktu 1978, saat itu ia berhasil membawa Timnas Argentina juara Piala Dunia usai taklukan Belanda dengan skor 3-1.

Mobil Rombongan Ibu Nyai Ponpes Sidogori Tertabrak Kereta Api di Pasuruan, 4 Meninggal Dunia

Pada kemenangan itu, sang juru taktik sempat mengeluarkan keputusan kontroversial, yaitu tidak memainkan Diego Maradona dalam skuad Argentina pada kejuaraan dunia tahun itu. 

Kini, kepergian sang pelatih legendaris telah meninggalkan cita-cita kemajuan sepakbola dunia. Setidaknya hal itu yang diungkap oleh Lionel Messi baru-baru ini.   

Halaman Selanjutnya
img_title