Tak Kalah Mengerikan dari Apokaliptik, Ini 4 Sekte Sesat di Indonesia

Rumah TKP penemuan mayat sekeluarga
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

BANDUNG – Kasus kematian misterius satu keluarga di Kalideres, Jakarta Barat memasuki babak baru di mana ada dugaan korban mengikuti sekte Apokaliptik, merupakan keyakinan seseorang atau sekelompok orang untuk menghadapi kehancuran dunia atau hari kiamat.

Terseret Kasus Penistaan Agama, Gus Samsudin Resmi Dijebloskan ke Penjara

Sekte sesat dan aneh ini bukan baru pertama terjadi karena sepanjang sejarah, Indonesia telah dihebohkan oleh beberapa kasus. Berikut adalah daftar sekte sesat yang pernah terjadi di Indonesia berdasarkan data yang diolah VIVA Tekno. Rabu, 16 November 2022.

Kerajaan Lia Eden

Viral! Beredar Video Aliran Sesat Gus Samsudin, Boleh Tukar Pasangan Asalkan sama Suka

Nama Lia Eden menjadi sorotan di mana dia mengaku sebagai Bunda Maria dan mendapat wahyu dari Jibril. Pengikutnya ada sekitar 100 orang yang terdiri cendekiawan, artis dan para pelajar.

Dia melanjutkan ajaran 3 Agama Samawi, Yudaisme, Kekristenan, dan Islam, kemudian menyatukannya dengan agama-agama besar lainnya termasuk Buddhisme, Jainisme, dan Hindu di Indonesia.

Terkena Pasal Penistaan Agama, Gus Samsudin Resmi Dipenjara Soal Kasus Aliran Sesat

Pemimpin dari sekte ini pernah dua kali dipenjara pada 2006 dan 2008 karena dianggap menistakan agama. Majelis Ulama Indonesia memfatwakan Lia Eden menyebarkan aliran sesat dan melarang perkumpulan Salamullah.

Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar)

Halaman Selanjutnya
img_title