Ini 7 Bahaya Sering Nahan Buang Air Kecil

Ilustrasi miss v sakit
Sumber :
  • Times of India

BANDUNG – Menahan buang air kecil bisa menyebabkan infeksi saluran kemih, pembengkakan kandung kemih hingga membuat kandung kemih menjadi sensitif akibat koleksi bakteri di sekitar pembukaan uretra dan sensor menjadi terlalu aktif sehingga membuat  kencing lebih sering dari biasanya.

Tips Mudah Merawat Baju Shimmer Supaya Makin Awet, Lebaran Makin PD

Tidak hanya itu, menahan buang air kecil terlalu sering bisa menyebabkan batu ginjal dan gagal ginjal. Pasalnya, batu ginjal merupakan “batu” kecil yang terbentuk dalam ginjal.

Rasa nyeri dan tidak nyaman tentunya akan dirasakan jika kamu terlalu lama menahan buang air kecil. Bahkan, ketika kamu sudah menemukan toilet untuk buang air kecil, proses pembuangan air kecil pun jadi terasa nyeri akibat menahan terlalu lama. Otot pada area kandung kemih kemungkinan juga masih tegang setelah buang air kecil yang menyebabkan kram panggul.

Tren Baju Shimmer Lebaran 2024, Ini Tips Mudah Merawat Supaya Tidak Sobek

Berikut bahaya yang Kamu rasakan ketika sering menahan buang air kecil terlalu lama:

1. Kandung Kemih Longgar

Cara Dapat Saldo DANA Gratis Jutaan Ribu, Tanpa Syarat Apapun!

Dalam jangka panjang, kebiasaan menahan kencing dapat melonggarkan kandung kemih karena teregang saat terisi penuh. Hal ini akan mempersulit kontraksi saat mengeluarkan urine, sehingga muncul keluhan sulit atau tidak bisa buang air kecil. Kondisi kandung kemih longgar ini dapat bersifat permanen. Akibatnya, diperlukan alat bantu seperti kateter untuk mengeluarkan urine.

2. Infeksi Saluran Kemih

Halaman Selanjutnya
img_title