Benarkah Hisap Es Batu Bisa Bantu Redakan Sakit Tenggorokan?

Ilustrasi flu
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Sakit tenggorokan sangat umum terjadi terutama karena perubahan cuaca dan musim. Ini biasanya menjadi lebih baik dengan sendirinya dalam waktu seminggu. Namun, sakit tenggorokan bisa sangat tidak nyaman dan dalam banyak kasus, menyakitkan. 

Berikut Durasi Tidur yang Ideal, Pentingnya Tidur yang Cukup untuk Mental Sehat

Beberapa orang juga mengalami kesulitan dalam berbicara dan menelan makanan karena sakit tenggorokan. Menurut National Health Service, Inggris, mereka yang sakit tenggorokan harus tetap terhidrasi dengan baik, meskipun minuman panas harus dihindari.

Disarankan bahwa mengisap es batu, es loli, atau permen keras dapat meredakan peradangan! Apakah ini bekerja? Mari cari tahu dari kutipan di laman Times of India.

Makan Sedikit Tapi Cepat Kenyang? Awas, Ini Tanda Bahaya Kesehatan yang Tak Boleh Diabaikan

1. Bagaimana terapi dingin bekerja

Mengisap es batu atau es loli bisa menenangkan dan melembabkan. Menurut pakar kesehatan, es loli bisa menjadi pengobatan yang baik untuk sakit tenggorokan karena memiliki efek pendinginan lokal pada jaringan yang meradang. Es muncul menurunkan suhu ujung saraf di tenggorokan, sehingga mengurangi sinyal rasa sakit.

Ada Bahaya Tersembunyi di Balik Kebiasaan Minum Saat Makan, Ini Penjelasan dr Zaidul Akbar

Bahkan setelah tonsilektomi, dokter menyarankan pasien makan es krim. Es krim dingin bersentuhan dengan amandel yang meradang dan meminimalkan pembengkakan serta mengurangi ketidaknyamanan dan rasa sakit. Berikut adalah beberapa cara yang lebih efektif untuk mengatasi sakit tenggorokan di rumah:

2. Berkumur air garam

Halaman Selanjutnya
img_title