5 Trik Komunikasi Bisa Pacu Kecerdasan Si Kecil

Ilustrasi bayi
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Setiap interaksi yang dilakukan dengan anak adalah bentuk komunikasi. Ini bukan hanya tentang kata-kata yang para orangtua ucapkan, namun mengenai bagaimana bisa menyampaikan pesan untuk diterima dengan baik.

Presiden Jokowi Tanda Tangani Aturan Baru Soal BPJS, Begini Isinya

Berbicara pada anak bukan perkara nada suara, sorot mata dan pelukan atau ciuman yang Anda berikan. Semua komunikasi fokus pada cara menyampaikan pesan yang baik kepada anak, dengan cara yang tepat.

Cara Anda berkomunikasi dengan anak tidak hanya mengajari mereka cara berbicara dengan orang lain, tetapi juga membentuk perkembangan emosional mereka dan bagaimana mereka membangun hubungan di kemudian hari. Cobalah lima tips ini untuk melatih keterampilan anak untuk komunikasi verbal dan nonverbal, berdasarkan rekomendasi UNICEF.

Masyaallah, Kaesang Pangarep Umumkan Cucu Baru Presiden Jokowi di Depan Kabah

1. Mendengarkan secara aktif

Mendengarkan secara aktif membantu anak merasa didengarkan dan dimengerti. Dengan menggunakan gestur seperti senyuman yang menyemangati dan anggukan yang menegaskan, Anda dapat menunjukkan bahwa Anda terlibat dengan apa yang dikatakan anak Anda dan benar-benar peduli. Sejajarkan mata yang sama dengan anak Anda saat mereka berbicara dengan Anda dapat membantu mereka merasa lebih aman dan lebih terhubung dengan Anda.

Terungkap! Motif Epy Kusnandar Terjerumus Penyalahgunaan Narkoba

2. Mendengarkan secara reflektif

Cara yang bagus untuk menunjukkan kepada anak Anda bahwa Anda memperhatikan dan peduli dengan apa yang mereka katakan adalah dengan bertindak seperti cermin. Ulangi kembali apa yang mereka katakan kepada Anda menggunakan kata-kata yang berbeda.

Halaman Selanjutnya
img_title