Bisa Dicoba Bun, Ini Teknik Pijat Bayi Bantu Redakan Masalah Kesehatan

Ilustrasi bayi
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Imunitas bayi yang masih lemah membuatnya mudah sakit. Sayangnya, usia bayi yang tergolong rentan tentu saja tak boleh sembarangan diberi obat. Nah, melakukan pijat pada bayi bisa menjadi salah satu cara yang efektif.

Rahasia Ampuh Usir Bau Mulut Membandel Saat Puasa, Berikut 6 Tipsnya

Jika dilakukan dengan teknik yang benar, melakukan pijat pada bayi tak hanya bisa menciptakan bonding, tapi juga membantu meredakan keluhan kesehatan pada sang buah hati. Tak perlu pergi ke tukang pijat atau urut, ibu bisa melakukannya sendiri di rumah lho.

Putri Damayanti, Founder VY Mom & Baby Care Massage Expert, menjelaskan, jika bayi pilek, lakukan pijatan di bagian wajah. Sebab, biasanya saat pilek lendir akan bertumpuk di bagian hidung atas dan sulit untuk dikeluarkan.

Fakta Baru! Sahabat Ungkap, Stevie Agnecya Sering Kambuh Misterius Usai Subuh dan Zuhur

"Jadi kita bisa pencet bagian pelipis di bawah mata yang sejajar dengan hidung kita, pencet sekitar 1-2 menit. Setelah itu, kita gerakan dari bagian atas samping mata ke bawah untuk membantu menurunkan lendir yang tertumpuk di dalam hidung. Biasanya lendirnya keluar kalo untuk pilek," ujarnya saat peluncuran Produk Natural Essential Oil Cessa, di Jakarta Convention Center (JCC), baru-baru ini. 

Sementara saat batuk, biasanya anak juga belum bisa mengeluarkan dahaknya. Maka menurut Putri, bisa dilakukan pijat di area dada. 

Resep Minuman Sehat dr. Zaidul Akbar untuk Buka Puasa: Atasi Pusing dan Detoksifikasi Tubuh

"Nah, kita lakukan teknik pijat di bagian dada dengan tujuan mengencerkan dahak. Ketika dahak encer, biasanya bisa keluar melalui muntah atau bisa juga melalui pup-nya," kata dia. 

"Jadi yang kita pijat bagian dadanya. Biasanya kita pijat, usap, membentuk 'love' di dada, usap kanan kiri ke arah pundak. Bisa gunakan Cessa (essential oil). Kita oleskan di bagian dada sambil dipijat. Selain essential oil dia bisa terhirup juga. Sangat efektif untuk batuk pilek," ungkapnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title