Ada Bakteri yang Bisa Hindari Antibiotik, Ilmuwan Kewalahan

Ilustrasi virus
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Para peneliti baru saja menangkap bakteri yang bisa menghindari pengobatan antibiotik dengan trik yang belum pernah dilihat sebelumnya.

Tips dan Trik Mulung Koin di Tiktok, Dijamin Auto Sultan

Bakat mengembangkan resistensi terhadap antibiotik adalah ancaman kesehatan yang berkembang pesat. Kemampuan ini berasal dari zaman kuno dan memungkinkan infeksi bakteri yang resistan terhadap obat seperti MRSA dan gonore yang membunuh 1,3 juta orang secara global setiap tahun.

Superbug ini bahkan menemukan jalan mereka ke hewan liar, seperti lumba-lumba dan beruang melansir dari situs Science Alert, Jumat, 9 Desember 2022.

Berapa sih Nilai 1 Koin? Ini Tips Kaya Mulung Uang di Tiktok Sambil Ngabuburit

Mikroba licik dapat mencuri gen dari satu sama lain dengan cepat, meneruskan taktik kebal antibiotik. Strategi termasuk menonaktifkan antibiotik secara langsung, mencegah antibiotik menumpuk di sistem mereka, atau mengubah target antibiotik sehingga obat tidak lagi efektif.

Sebagian berkat penggunaan antibiotik yang berlebihan di mana superbug telah mengumpulkan berbagai taktik resisten, membuatnya sangat sulit untuk diobati.

Kartika Putri Jelaskan Soal Penyakitnya, Netizen Malah Heboh Lihat Jumlah Gelang Mewahnya

"Bentuk resistensi baru ini tidak terdeteksi dalam kondisi yang secara rutin digunakan di laboratorium patologi, sehingga sangat sulit bagi dokter untuk meresepkan antibiotik yang akan mengobati infeksi secara efektif, berpotensi menyebabkan hasil yang sangat buruk, bahkan kematian dini," jelas peneliti Timothy Barnett.

Ahli mikrobiologi Telethon Kids Institute, Kalindu Rodrigo dan rekannya menemukan mekanisme baru ini saat menyelidiki bagaimana Streptococcus Grup A merespons antibiotik.

Halaman Selanjutnya
img_title