Jangan Tidur Setelah Makan, Ada Resiko Penyakit Bahaya, Ini Sebabnya!

ilustrasi ngantuk setelah makan
Sumber :
  • alodokter.com

BANDUNG – Ngantuk setelah makan seolah menjadi kebiasaan umum bagi setiap orang, tidak sedikit pula orang yang terbiasa langsung tidur setelah makan.

Sahabat Ungkap Penyakit Aneh yang Diderita Stevie Agnecya: Sudah Bertahun-tahun

Jika Anda memiliki kebiasaan tersebut, sebaiknya segera hentikan. Karena, kebiasaan tidur setelah makan dapat meningkatkan risiko terjadinya beberapa penyakit.

Sebenarnya, tidak ada salahnya jika sesekali langsung tidur setelah makan. Hormon yang dilepas karena proses pencernaan memang terkadang dapat menimbulkan rasa kantuk. Namun, jika hal ini dibiasakan, dapat muncul beragam gangguan kesehatan.

Sempat Konsultasikan Ini ke Hard Gumay, Stevie Agnecya Bicara Soal Santet?

Penyebab munculnya rasa ngantuk setelah makan, bisa disebabkan oleh makanan itu sendiri, ada jenis makanan membuat Anda lebih mudah mengantuk. Salah satunya adalah makanan yang mengandung banyak asam amino triptofan, seperti bayam, kedelai, keju, tahu, dan ikan.

Selain itu, makanan tinggi gula, karbohidrat, dan lemak juga dapat menyebabkan tubuh lebih mudah mengantuk setelah makan.

Benarkah Tidur saat Puasa Bisa Mendapat Pahala? Simak Penjelasan Ulama

Sebuah riset menunjukkan bahwa kandungan nutrisi tersebut dapat meningkatkan produksi hormon serotonin dan melatonin di dalam tubuh. Hormon-hormon ini dapat menimbulkan rasa kantuk, sehingga Anda akan terdorong untuk tidur setelah makan.

Saat lambung mencerna makanan, tubuh akan mengalirkan lebih banyak darah ke organ tersebut. Saat hal ini terjadi, aliran darah ke otak mungkin akan jadi sedikit berkurang, sehingga muncullah rasa kantuk.

Halaman Selanjutnya
img_title