Kenali Tanda-tanda Kanker Paru Lewat Batuk

Ilustrasi batuk
Sumber :
  • Freepik

BANDUNG – Musim hujan dan udara yang dingin bisa memicu berbagai penyakit dan infeksi, seperti demam, flu, belum lagi COVID-19 yang masih belum usai.

Cek DANA Bantuan BLT BPNT Rp200 Ribu Disini, KTP Ini Masuk Nominasi

Bagi sebagian besar infeksi pernapasan, batu adalah gejala yang paling umum. Batuk itu bisa datang dan pergi atau terus-menerus bahkan hingga berbulan-bulan. Lantas, kapan Anda harus mulai khawatir jika batuk tak kunjung reda? Sebab, batuk juga bisa menjadi tanda penyakit berbahaya seperti kanker paru-paru.

Dikutip dari laman Times of India, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), orang berbeda memiliki gejala berbeda untuk kanker paru. Beberapa orang memiliki gejala berkaitan dengan paru-paru, sementara beberapa lainnya yang kanker parunya sudah menyebar ke bagian tubuh lain (metastasis) memiliki gejala spesifik pada bagian tubuh tersebut.

Hindari Makanan Pemicu Maag, 5 Daftar yang Wajib Diingat Penderita Maag

Namun, menurut badan kesehatan itu, beberapa gejala yang paling umum dari kanker paru di antaranya adalah batuk. Meski menjadi salah satu gejala kanker paru, batuk juga bisa menjadi tanda penyakit dan infeksi lainnya. Terutama di musim dingin di mana virus pernapasan bertebaran, hingga membuat bingung banyak orang.

Namun, menurut Layanan Kesehatan Nasional Inggris, batuk yang menetap yang tidak hilang setelah tiga minggu, tidak boleh diabaikan. Dia harus diperiksa dokter, karena bisa mengarah ke kanker paru, demikian disarankan CDC.

Cara Daftar PKH tahun 2024, Cukup Pakai NIK KTP dan Dapatkan Saldo DANA Rp2 Juta

Lebih lanjut, jika batuk disertai dengan nyeri atau sakit, itu bisa menjadi tanda yang mengkhawatirkan dan harus segera berkonsultasi dengan ahli pulmonologi.

Selain itu, dijelaskan Mayo Clinic, kanker paru bisa menyebabkan pendarahan di aliran pernapasan, yang bisa menyebabkan Anda batuk darah (hemoptysis).

Halaman Selanjutnya
img_title