Waspada Asap Rokok Bisa Picu Penyakit Asma pada Anak

Ilustrasi rokok
Ilustrasi rokok
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Asma pada anak menjadi salah satu kekhawatiran banyak orangtua karena bisa disebabkan oleh sejumlah faktor yang lekat dengan lingkungan anak. Salah satu faktor pemicu masalah pernapasan pada anak tersebut dapat disebabkan oleh polusi udara yang berasal dari asap rokok maupun asap kendaraan.

Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Paru Indonesia (PDPI) Prof Dr dr Agus Dwi Susanto SpP(K) mengatakan bahwa kasus asma pada anak cenderung disebabkan oleh dua faktor yakni ekstrinsik dan instrinsik. Pada kasus instriksik, diakibatkan dari genetik keluarga yang diturunkan pada anak.

"Faktor ekstrinsik juga bisa menyebabkan asma dan diinduksi oleh berbagai faktor, salah satunya polusi udara. Kalau terhirup tiap hari, lama-lama terjadi hipersensitivitas dan asma," ujar dokter spesialis paru konsultan itu dalam temu media virtual.

Polutan penyebab asma pada anak bisa dipengaruhi berbagai faktor, termasuk dari dalam ruangan. Dokter Agus menilai, polutan dari dalam rumah paling banyak berasal dari asap rokok. Sebab, asap rokok mengandung partikular yang membahayakan bila dihirup dalam jumlah banyak.

"Indoor polusi dengan kelihatan seperti asma biasanya pada anak yang orangtuanya merokok, keluhan-keluhannya seperti asma. Jadi bisa induksi gangguan pernapasan anak, salah satunya asma," tuturnya.

Ada pun, dokter Agus menyoroti persamaan vape dan rokok konvensional dari kandungan nikotin yang dimiliki.

"Sama-sama mengandung nikotin. Artinya ada risiko adiksi dan penyakit kardiovaskuler," ujar Agus.

Halaman Selanjutnya
img_title