Heboh Bayi Minum Kopi, Waspada Ini Bahayanya Bagi Kesehatan Si Kecil

Ilustrasi bubuk kopi
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Sebuah video yang memperlihatkan bayi diberi minum kopi oleh sang ibunda viral di media sosial. Dalam video tersebut, pengguna TikTok Adinda Yana yang merupakan pemilik akun @kayess9 menyeduh minuman kopi instan dan menyuapkannya kepada bayi yang berumur tujuh bulan memakai sendok. 

Rahasia Ampuh Usir Bau Mulut Membandel Saat Puasa, Berikut 6 Tipsnya

Alasan Adina memberikan kopi instan tersebut kepada sang anak karena menganggapnya mengandung susu. Perempuan yang berdomisili di Makassar tersebut memberikan kopi susu instan sebagai ganti susu kental manis yang sebelumnya dia berikan terhadap sang putra. 

"Bayi minum kopi Good Day kan ada susunya, daripada dikasih susu (kental manis) Frisian Flag katanya nda ada susunya. Kemarin-kemarin bayi BAB 10 kali sehari, sejak minum susu kopi sekarang dia BAB sembilan kali sehari," tulis Adinda di videonya.

Resep Minuman Sehat dr. Zaidul Akbar untuk Buka Puasa: Atasi Pusing dan Detoksifikasi Tubuh

Beberapa orang tua mungkin menganggap kopi instan ini aman untuk Si Kecil, namun rupanya minuman tersebut tidak baik untuk kesehatan buah hati. Bahkan, beberapa orang mungkin penasaran dengan apa yang terjadi apabila bayi meminum kopi instan. 

Lantas bolehkan bayi minum kopi? jawabannya sudah pasti tidak diperbolehkan. Bayi dan balita tidak diperbolehkan mengonsumsi kopi lantaran kandungan kafeinnya. Melansir dari laman American Academy of Pediatrics, anak-anak tidak boleh minum minuman berkafein sampai usia 5 tahun. 

Benarkah Tidur saat Puasa Bisa Mendapat Pahala? Simak Penjelasan Ulama

Biasanya orang tua tidak disarankan untuk tidak menawarkan kopi setidaknya hingga anak berusia remaja. Kopi juga mungkin tidak memberikan nutrisi apapun pada bayi dan balita. Selain itu, efek kafein ini lebih parah pada anak-anak ketimbang orang dewasa.

Tetap Mengonsumsi Susu

Halaman Selanjutnya
img_title