Bisa Sembuhkan Luka, Ini 5 Manfaat Air Liur Bagi Kesehatan

Ilustrasi lidah terasa asam
Sumber :
  • U-Report

BANDUNG – Meskipun mungkin banyak yang menyebutnya menjijikan dan dianggap tidak higienis, ternyata air liur manusia juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, kecantikan dan kesejahteraan secara umum pada tubuh manusia. 

Rahasia Ampuh Usir Bau Mulut Membandel Saat Puasa, Berikut 6 Tipsnya

Pada kali ini, akan dibahas mengenai apa saja manfaat kesehatan dari air liur manusia yang mungkin belum banyak diketahui. Dilansir dari laman Dental Sphere, berikut ini manfaat air liur manusia untuk kesehatan.

1. Sebagai Penyembuhan

Begini Ciri-ciri Orang yang Mendapat Malam Lailatul Qadar, Buya Yahya Beri Pandangan

Air liur manusia ternyata dapat digunakan sebagai pembersih yang ampuh untuk kulit serta menyembuhkan dan menutrisinya. Itulah mengapa luka yang terjadi di mulut paling cepat sembuh. 

Faktanya, dalam banyak budaya, mengoleskan air liur pada luka luar di kulit adalah suatu praktik umum yang digunakan untuk menyembuhkannya luka lebih cepat. Hal itu seperti kebanyakan orang tua jaman dulu yang suka memberikan air liur atau ludahnya kepada luka di kulit anak-anak mereka. 

Resep Minuman Sehat dr. Zaidul Akbar untuk Buka Puasa: Atasi Pusing dan Detoksifikasi Tubuh

2. Membersihkan Mulut

Manfaat air liur selanjutnya adalah dapat membersihkan mulut. Air liur dapat membantu menjaga gigi dan mulut bebas dari bakteri atau virus yang masuk melalui air, makanan atau udara dengan menghancurkan atau membersihkannya secara fisik. Sehingga air liur dapat menjaga mulut dan gigi kita dalam kondisi tetap baik.

Halaman Selanjutnya
img_title