Kaya Nutrisi, Ahli Gizi: Tempe adalah Superfood

Ilustrasi tempe
Sumber :
  • Pixabay

VIVA BandungTempe merupakan makanan tradisional Indonesia yang kaya akan gizi. Meski harganya murah, tempe yang terbuat dari kedelai ini, banyak memiliki manfaat kesehatan. 

Kaya Mendadak! Ini 7 Aplikasi Penghasil Uang Rp600 Ribu per Hari

Sebagai sumber protein nabati, tempe kaya akan nutrisi. Salah satu kandungan nutrisi tempe adalah tinggi protein, vitamin, dan mineral tetapi rendah natrium dan karbohidrat. Selain itu, tempe juga bisa dijadikan banyak olahan.

Dokter gizi klinis, DR. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK, menjelaskan, kandungan protein dan kalsium pada tempe setara bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan daging sapi.

Suami Sandra Dewi Pelaku Korupsi Timah, Netizen Hujat Habis-habisan

"Bahkan selain itu, kandungan lemak jenuh dan garam pada tempe lebih rendah dibandingkan dengan daging sapi," Jelas dr. Fiastuti, saat Press Conference dan Media Experience Taro Tempe di kawasan Kebayoran, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Lebih lanjut, dokter Fiastuti mengungkap bahwa tempe merupakan makanan super atau superfood asli Indonesia. Menurutnya, dalam 100 gram tempe setidaknya mengandung 20,8 gram protein, 8,8 gram lemak, 1,4 gram serat, dan 201 kalori. Sebagai perbandingan, dalam 100 gram daging sapi biasanya hanya mengandung 17,5 gram protein.

Jadi Tersangka Korupsi Timah, Ini Komentar Netizen ke Suami Sandra Dewi: Pantas Kaya

Dokter yang berpraktik di RSCM itu juga mengatakan, tempe juga baik untuk pembentukan tubuh dan menjaga kesehatan pencernaan anak-anak hingga orangtua. 

"Dengan gizi yang tinggi, tempe diproduksi dengan energi yang lebih rendah dan dijual lebih murah dibanding daging sapi di Indonesia," paparnya.

Halaman Selanjutnya
img_title